Mulai 10 November, Merparti Airlines Beroperasi Layani Kargo di Papua

Maskapai

Beritakota.id- Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor, Markus Mansnembra mewakili Bupati, menerima kunjungan Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha PT Garuda Indonesia dan Direktur Utama PT Merpati Airlines di ruang VIP Bandara Frans Kaisiepo Biak, Jumat (25/10/2019)

Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha PT Garuda Indonesia, Mohammad Iqbal mengungkapkan, dari perjanjian kerjasama (PKS) yang dilakukan Manajemen Garuda bersama sembilan BUMN lainnya sebagai bentuk sinergi antar BUMN menjalin kerjasama mendukung restrukturisasi Merpati Airlines dengan mengoperasikan kembali jasa transportasi, khususnya angkutan kargo di wilayah timur Indonesia.

“Kami Garuda bersama sembilan BUMN lainnya, sesuai perjanjian kerja sama dan membantu Merpati yang sejak tahun 2014 hingga saat ini dalam kondisi direstrukturisasi oleh PPA. Selanjutnya Garuda membantu Merpati secara operasional dengan meminjamkan pesawat untuk urusan bisnis kargo di Papua dan target kami di tanggal 10 November 2019 Merpati aktif kembali untuk jalur kargo dari Jayapura-Wamena,Timika-Wamena,” ujar Mohammad Iqbal.

“Kita garuda akan menyiapkan pesawatnya sedangkan BUMN lainnya akan menggunakan jasa layanan angkutan kargo ini untuk mengangkut kargo dari seluruh Papua dan kita akan optimalkan menggunakan space yang ada di pesawat garuda yang akan dikerjasamakan,” jelasnya.

“Hingga saat ini kami baru menggunakan satu pesawat namun ke depan kami upayakan empat pesawat kargo yang digunakan Merpati untuk melayani intra Papua,jadi Merpati akan fokus di angkutan kargo,” imbuh Iqbal.

Sementara Dirut PT Merpati Airlines, Capt Asep Eka Nugraha menyambut baik kerja sama yang dilakukan, dan Biak Numfor diakui memiliki potensi dengan aset Merpati yang masih ada di Biak.

“Merpati hadir di Biak boleh dikatakan kita kembali ke “kandang”nya Merpati karena di sini kita punya tempat yang menjadi base operational Merpati, dan kami memiliki aset cukup besar di Biak yang menjadi bagian yang penting untuk ditelitik kembali memperkuat Merpati,” tutur Capt Asep Eka Nugraha.

“Kami menyambut baik ajakan Garuda untuk menghidupkan kembali Merpati dan dengan semangat BUMN dibuktikan melalu komitmen dengan penandatanganan kerjasama 10 BUMN,” ungkapnya.

Pemda Biak Numfor memberi apresiasi kepada Manajemen Garuda serta Merpati sebagai upaya pemerintah pusat untuk mendorong perecapatn pembangunan di Papua khususnya di Biak Numfor dan menjadi peluang bagi komoditas unggulan yang ada di Biak.

“Atas nama Bupati Biak Numfor kami beri apresiasai atas kejasama Garuda dan Merpati,serta kunjungan hari ini oleh Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha PT.Garuda dan Dirut Merpati ke Biak dalam pengoperasian kembali Merpati melalui jasa transporasi angkutan kargo di wilayah Papua,” ujar Sekda Markus Mansnembra.

“Adanya program ini juga menjadi tantangan bagi Pemda Biak Numfor untuk harus menyiapkan bahkan mendorong dan mempercepat berbagai hasil-hasil komodisi di Biak diantaranya komiditi unggulan seperti perikanan karena ini menjadi satu peluang yang baik meski selama ini cukup banyak komoditi yang disiapkan namun terkendala pemasaran maupun transportasi,” katanya.

Penulis:

Baca Juga