Pasir Putih Situbondo Jadi Tempat Terpilihnya Kualifikasi PON Cabor Selam

Beritakota.id, Situbondo- Pantai Pasir Putih, di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terpilih menjadi tempat kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang olahraga (cabor) selam.

Pra-Pon cabor selam yang akan berlangsung selama empat hari ini, dimulai pada 29 - 31 Oktober 2019. Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh panitia pelaksana, yaitu KONI dan Dinas Pariwisata Situbondo.

"Ada dua event yang akan digelar, yaitu Finswimming dan Orientasi Bawah Air (OBA). Persiapan kita sudah 100 persen, seperti sarpras, ponton apung dan hotel," kata Kepala Dinas Pariwisata, Sofwan Hadi, Minggu (27/10/2019).

Tercatat, sebanyak 800 atlit selam yang akan mengikuti event bergengsi ini. Masing-masing untuk Finswimming diikuti oleh sekitar 400 peserta yang berasal dari 32 provinsi. Sedangkan OBA, diikuti oleh 22 provinsi dengan jumlah peserta sekitar 400 atlit.

"Atlit putra putri ini akan memperebutkan tiket menuju PON di Papua pada 2020 mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Situbondo, Reno Widigdyo mengatakan, terpilihnya Situbondo sebagai tempat kualifikasi PON, dengan alasan, Situbondo tiga kali berturut-turut menjadi tuan rumah kejurda dan kejurnas cabor selam dan dinyatakan memenuhi kualifikasi.

"Tiga tahun berturut-turut kejurda dan kejurnas dilaksanakan di Pasir Putih," tegas Reno.

Informasi dihimpun, Pra PON selam berlangsung di dua tempat, yaitu, di Kabupaten Pasuruan dan Situbondo. Pra PON selam ini dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk nomor kolam dan nomor laut.

Nomor kolam telah berlangsung di Saygon Waterpark, Pasuruan pada 25 - 26 Oktober 2019. Sedangkan untuk nomor laut akan berlangsung di Situbondo pada 29 - 31 Oktober 2019.

Penulis:

Baca Juga