Mahasiswa Akutansi Seluruh Indonesia Peringati Hari Akuntan Muda Indonesia

Mahasiswa
Mahasiswa

Beritakota.id, Jakarta- ICAEW (Institute of Chartered Accountants in England and Wales) mengadakan acara Future Chartered Accountants Event (FCAE) kedua pada hari Sabtu, 26 Oktober di Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA), Jakarta, yang bertujuan untuk mempertemukan para pemimpin masa depan dari profesi akuntansi dan membangun komunitas akuntansi yang lebih besar di Indonesia.

Sebanyak 350 mahasiswa akuntansi dari 40 universitas di Indonesia menghadiri FCAE dan memperingati Hari Akuntan Muda Indonesia, yang pertama kali diumumkan tahun lalu, di majelis FCAE perdana.

Acara ini diselenggarakan oleh ICAEW Indonesia Student Community, sebuah organisasi yang dibimbing oleh ICAEW untuk membantu meningkatkan keterampilan akuntansi dan pengembangan karir. Sorotan utama dari acara ini adalah pertemuan para mahasiswa serta anggota dari profesional akuntansi yang mengucapkan “Ikrar Mahasiswa Akuntansi Indonesia” untuk menyatakan komitmen mereka dalam menjalankan peran dan tugas secara profesional dan etis sebagai peringatan Hari Akuntan Muda Indonesia.

Andi Putra, Senior Business Development Executive, ICAEW Indonesia, mengatakan: “Mahasiswa harus mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia profesional. Memiliki ICAEW Certificates in Finance, Accounting, and Business (ICAEW CFAB) akan membuka pintu dan menunjukkan arah menuju masa depan yang cerah dalam profesi akuntansi dan keuangan bagi mahasiswa. ICAEW berkomitmen untuk melatih dan membina mahasiswa Indonesia guna membantu mereka meningkatkan kompetensi, serta membekali mereka dengan keterampilan untuk berkarir yang akan mendukung pertumbuhan dan pertumbuhan ekonomi yang cepat di Indonesia. "

Dr. Melitina Tecoalu, S.E., M.M., CFP, Dekan FEB UKRIDA mengatakan profesi akuntansi memegang peran penting dalam pembangunan ekonomi dan tidak akan terdisrupsi. Namun hal ini juga harus diimbangi oleh pengembangan kualifikasi bidang akuntansi, agar tidak hanya sebatas klerikal.

“Deklarasi Hari Akuntan Muda Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan semangat profesional akuntan muda – baik mahasiswa maupun lulusan – untuk mengejar prestasi tinggi demi peningkatan mutu SDM Indonesia,” tandasnya

Seremoni penyerahan penghargaan diselenggarakan selama FCAE untuk menobatkan mahasiswa berprestasi tinggi di tiga kompetisi yang dilakukan sebelum acara, seperti menulis esai seputar tema utama acara. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa paling berprestasi di beberapa kategori.

FCAE terbuka bagi semua mahasiswa akuntansi di seluruh Indonesia untuk menyerahkan esai mereka dalam kompetisi ini. Tujuannya adalah untuk menantang mereka menyelesaikan masalah yang berdampak pada profesi akuntansi. Pemenang kompetisi ini adalah Tim Milky Way, Universitas Gadjah Mada dan di posisi kedua adalah Tim Manata, Universitas Tarumanagara. Keduanya akan menerima hadiah uang tunai dan beasiswa CFAB. Selain itu, pemenang pertama juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi diskusi panel.

Pada seremoni penyerahaan penghargaan, Rickfan Wijaya, Universitas Gadjah Mada diakui sebagai Mahasiswa Akuntansi terbaik, sementara Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Unika Atma Jaya dinobatkan sebagai Himpunan Mahasiswa Akuntansi Terbaik.

Rickfan Wijaya, Universitas Gadjah Mada, penerima penghargaan Mahasiswa Akuntansi Terbaik berkata, “Saya sangat berterima kasih kepada ICAEW yang telah memberi kesempatan kepada mahasiswa akuntansi seluruh Indonesia seperti saya, untuk mengikuti acara bergengsi ini sebagai ajang untuk menunjukkan kemampuan. Selain menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan akuntansi kami, FCAE juga memperluas jaringan dengan menghubungkan kami dengan mahasiswa lainnya, Serta mengakomodasi kami bertemu para ahli di bidang akuntansi dan bisnis."

Dalam acara tersebut, sebanyak 52 mahasiswa dari Trisakti School of Management, Universitas Indonesia, Universitas Tarumanagara, dan Binus University menerima sertifikat ICAEW CFAB karena lulus ujian modul Akuntansi ICAEW CFAB dengan nilai yang memuaskan. Nilai ujian tertinggi diraih oleh Alvin dari Universitas Indonesia dengan nilai 97, diikuti oleh Cristi dari Trisakti School of Management dengan nilai 95, dan Kenny Wiyarta Tionatan dari Universitas Indonesia dengan nilai 92. ICAEW CFAB merupakan sertifikat yang diakui secara internasional, mengajarkan pengetahuan penting dalam bisnis, keuangan, dan akuntansi, serta sangat dihargai oleh organisasi di seluruh dunia.

Penulis:

Baca Juga