Jokowi: Pemerintah Perbaiki Fasilitas Publik yang Rusak Akibat Gempa

Beritakota.id, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen saat dirinya meninjau posko pengungsian di beberapa wilayah yang diguncang gempa bumi beberapa waktu lalu lewat akun Instagram pribadinya, Selasa (29/10/2019).

Lewat keterangan unggahan foto yang memperlihatkan dirinya meninjau posko pengungsian bersama Ibu Negara Iriana, ia mengatakan seharian ini dirinya meninjau langsung beberapa titik yang terdampak gempa.

“Seharian ini saya di dua kota yang belum lama diguncang gempa bumi: pagi di Ambon, Maluku dan siang di Palu, Sulawesi Tengah. Gempa Magnitudo 6,5 yang melanda wilayah Maluku pada 26 September 2019 meninggalkan kerusakan cukup parah,” tulis akun @jokowi.

Ia menuturkan, lebih dari 12.000 rumah rusak dari yang sangat parah sampai ringan akibat guncangan gempa.

“Para korban gempa mengungsi ke posko-posko, seperti yang saya saksikan di kampus Universitas Darussalam, Kecamatan Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah,” imbuhnya.

Sementara Palu yang tahun lalu diguncang gempa dan dilanda tsunami setahun lalu, kini dalam tahap pembangunan rumah-rumah hunian bagi para korban bencana. Ada sekitar 11.000 rumah yang harus kita siapkan.

“Selain rekonstruksi dan pembangunan baru rumah warga, pemerintah juga memperbaiki fasilitas-fasilitas publik yang rusak di dua daerah itu,” pungkas keterangan foto.

Penulis:

Baca Juga