Pemerintah Terapkan Revolusi Industri 4.0 Melalui Transformasi dan Inovasi

Jakarta : Menteri Riset Teknologi (Menristek)/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro menghadiri sekaligus membuka Indonesia Bussines News Award 2019 di Gedung BPPT, Jakarta. Bambang Brodjonegoro meminta revolusi industri 4.0 dilakukan bersama dengan peningkatan riset dan teknologi. Bambang Brodjonegoro menyebut revolusi industri 4.0 sudah menjadi bagian kehidupan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Dalam persaingan global, Bambang Brodjonegoro menyebut tantangan Indonesia ke depan yaitu pada persaingan di bidang teknologi dan pengembangan hasil riset. Indonesia diharapkan tidak menjadi negara peniru hasil riset dan penerapan teknologi, melainkan menjadi negara pencipta teknologi terbaru khususnya revolusi industri 4.0.

"Revolusi industri sudah di tengah kita, artificial intelegent, digital advance robotik, IOT itu sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari hari, bagaimana kita menerima manfaat dari revolusi industri, itu yang harus dilakukan melalui transformasi di bidang masing masing," ungkap Bambang Brojonegoro di Gedung BPPT, Jakarta, pada Rabu (6/11/2019).

Bambang Brodjonegoro menambahkan/ Kemenristek/ BRIN juga mempunyai rencana kerja dalam RPJMN 2020-2024 yang mengutamakan pengembangan riset dan penggunaan teknologi yang bekerjasama dengan Kementerian/ Lembaga dan Badan terkait. BRIN sebagai koordinator di bidang riset dan inovasi mendorong untuk meningkatkan inovasi dalam riset dan teknologi ke depannya.

Dalam Indonesia Bussines News 2019 juga dilakukan pemberian penghargaan kepada sejumlah pihak yang dinilai memberikan kontribusi dalam transformasi bisnis untuk performa yang unggul dalam pengembangan riset dan teknologi.

Penulis:

Baca Juga