Patuna Travel Gelar Silaturahmi Calon Jamaah Haji Khusus 2020

Beritakota.id, Jakarta- PT Patuna Mekar Jaya atau Patuna Travel sebagai biro perjalanan umroh dan haji khusus menggelar silaturahmi jamaah haji khusus 2020-2026 di Manggala Wanabakti, Jakarta, Ahad (17/11). Acara ini pun diadakan di dua tempat di Jakarta dan Yogyakarta.

Direktur Utama PT Patuna Mekar Jaya, Syam Resfiadi mengatakan pihaknya berkeinginan mengadakan silaturahmi ini menjadi agenda tahunan, karena pengaruh eksternal dan situasi makroekonomi yang belum stabil, baru tahun ini bisa terselenggara setelah absen di 2018.

“ Ada 1.800 calon jamaah haji khusus yang hadir saat ini. Alhamdulillah mereka senang dan antusias bisa bertemu dengan calon jamaah haji khusus lainnya. Untuk ruangannya pun full booked,” ujar Syam Resfiadi usai memberikan sambutan kepada calon jamaah haji.

Syam menjelaskan ada beberapa alasan kenapa hal ini tidak dapat dilakukan tiap tahunnya, dikarenakan bahwa pergerakan perkembangan dunia haji dan umroh begitu cepat dan dinamis. Selain itu, kenaikan dolar terhadap rupiah dari Rp 12 ribu menjadi Rp 14 ribu turut memicu penurunan daya beli masyarakat.

“Walaupun hal ini merupakan bisnis ibadah, namun hal ini tidak lepas dari pengaruh external atau faktor makro ekonomi di Indonesia dan dunia secara global,” jelasnya.

Lanjutnya, jumlah calon jamaah haji yang mendaftar tahun 2020 hingga 2026 mencapai 3.500 jamaah. Hampir tiap harinya cabang Patuna menerima 4 hingga 5 orang jamaah, kendati demikian jumlah jamaah haji yang mendaftar terbesar masih berasal dari Jabodetabek.

“Ini merupakan wujud bukti nyata Patuna masih dipercaya oleh masyarakat yang akhirnya mendaftar di Patuna Travel,” Pungkasnya

Ia menambahkan, Pada 3 Desember mendatang, PT Patuna dijadwalkan oleh Direktorat Bina Umroh dan Haji Khusus Departemen Agama untuk singkronisasi data jamaah Patuna, terutama bagi jamaah yang akan betangkat pada 1441 H atau 2020 nanti,” ungkap Syam.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Nizar Ali memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Patuna atas terselenggaranya kegiatan program menyapa jamaah, termasuk jamaah waiting list.

Menurutnya, Patuna Travel telah amanah dalam melayani jamaahnya selama ini, hingga dia pun memberikan rekomendasi kepada masyarakat bahwa Patuna Travel penyelenggara ibadah haji dan umrah yang dapat dipercaya.

Nizar Ali menghimbau kepada para jamaah agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan hendaknya jangan memilih paket yang tidak rasional. Pilihlah paket yang nasional yang tentunya dapat bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya,” tutupnya.

Penulis:

Baca Juga