Yuk Jalan-Jalan Naik LRT Tarifnya Flat Rp 5.000

LRT
LRT

Beritakota.id, Jakarta -  Moda transportasi massal lintas rel terpadu atau light rail transit (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading mulai beroperasi secara komersial mulai Minggu (1/12/2019) ini.

Tarif yang diberlakukan untuk satu kali perjalanan, yakni Rp 5.000, sesuai ketentuan Peraturan Gubernur Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian MRT dan LRT.

"Tarifnya flat Rp 5.000 untuk seluruh stasiun," ujar Direktur Utama PT LRT Jakarta Wijanarko di Stasiun LRT Velodrome, Jakarta Timur.

Wijanarko menuturkan, pembayaran tarif LRT Jakarta bisa menggunakan kartu uang elektronik dari lima bank. Pembayaran juga bisa menggunakan kartu single journey trip LRT Jakarta. Khusus untuk kartu single journey trip, penumpang harus membayar biaya deposit kartu sebesar Rp 15.000.

Uang itu akan dikembalikan setelah penumpang keluar dari area peron kereta. Pengembalian deposit bisa dilakukan via loket atau vending machine di stasiun tujuan. Batas waktu pengembalian deposit, yakni tujuh hari sejak penumpang tap out di stasiun.

"Bisa menggunakan kartu uang elektronik dari lima bank, Bank DKI, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, dan Bank BRI, maupun menggunakan kartu single trip LRT Jakarta," kata Wijanarko.

LRT Jakarta memiliki enam stasiun, yakni Velodrome, Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard Utara, dan Pegangsaan Dua. LRT Jakarta akhirnya dioperasikan secara komersial setelah tiga kali uji coba, yaitu pada Agustus 2018, Maret 2019, dan Juni 2019.

Penulis:

Baca Juga