Wah! Pengangguran di DKI Meningkat 50 Ribu Jiwa dalam Enam Bulan

Pengangguran
Foto Ilustrasi Pengangguran

Beritakota.id, Jakarta- Mantan Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, memberikan pelatihan kepada siswa-siswi terkait kewirausahaan di SMKN 51 Jakarta, Rabu (4/12).   Upaya itu dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran yang dalam enam bulan ini mencapai 50 ribu jiwa.

“Jadi hari ini saya berkesempatan untuk mengunjungi SMKN 51 Jakarta, Cipayung, Jakarta Timur untuk melakukan kegiatan kewirausahaan bagi anak-anak kelas XI dan XII. Harapannya, begitu lulus mereka bisa berwirausaha sendiri,” katanya, Rabu (4/12).

Menurut Sandi, di SMKN 51 sendiri, anak-anak berprestasi dalam karya multimedia yang mendapatkan apresiasi. Sehingga, modal itu pun bisa dijadikan sebagai keterampilan dalam menciptakan usaha.

“Banyak sekali karya dari anak-anak, bukan hanya karya kuliner saja tapi juga ada film. Ini akan menjadi satu dorongan untuk membuka lapangan kerja kedepannya,” terang Sandi.

Sandiaga juga mengharapkan, pihak sekolah dan pemerintah memperhatikan nasib anak-anak tak hanya saat mereka mengenyam pendidikan saja, namun juga setelah lulus.

“Ini tugas kita agar produk yang ditayangkan tadi tersambung dengan kebutuhan dunia usaha dan melanjutkannya kepada perusahaan tersebut,” sambungnya.

Upaya itu, kata Sandi, karena angka pengangguran di Jakarta meningkat dalam enam bulan terakhir. Dimana dalam jangka waktu itu angka pengangguran meningkat 50 ribu jiwa.

“Ini terjadi karena tak tersambungnya koneksi antara SMK tersebut dengan perusahaan. Apalagi banyak yang menganggur karena tak  tersambungnya skill yang dimiliki,” sambungnya.

Program OK Oce yang diusungnya, kata Sandi, merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran, bahkan juga bisa menambah lapangan pekerjaan baru.

“Dengan turunnya purna wira dan kegiatan OK oce di SMK ini adalah langkah awal kita untuk mengurangi pengangguran,” pungkasnya

Penulis:

Baca Juga