Pencak Silat Dinobatkan Sebagai Warisan Budaya Dunia

  • Bagikan
Pencak Silat
PENGUKUHAN PENCAK SILAT NUSANTARA

Beritakota.id, Jakarta- Lembaga PBB, The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya dunia, Kamis (12/12/2019) waktu setempat.

Hal ini diputuskan dalam sidang ke-14 Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bogota, Kolombia di mana bela diri RI ini masuk ke dalam UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Dalam siaran pers yang diterima, Kementerian Luar Negeri menilai penetapan ini merupakan bentuk pengakuan dunia internasional terhadap tradisi nenek moyang bangsa Indonesia.

“Indonesia memiliki komitmen kuat untuk senantiasa menjaga kelestarian pencak silat, antara lain melalui pendidikan pencak silat yang tidak hanya fokus pada aspek olah raga dan seni bela diri, namun juga sebagai bagian dari seni dan budaya,” kata Direktur Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Kemenlu, Kama Pradipta.

Dengan ini, Indonesia memiliki 10 warisan budaya tak benda yang masuk dalam daftar UNESCO. Yakni wayang, batik, pelatihan batik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tradisi tari Bali, kapal Pinisi dan pencak silat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *