Ini Kata Jokowi, Soal Persiapan Tuan Rumah Piala Dunia U20

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menerima bendera kontingen RI di Sea Games 2019 dari Ketua National Olympic Committe (NOC) Indonesia Sapta Oktohari, dan selanjutnya diserahkan kepada Chef de Mission (CdM) Harry Warganegara, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Rabu (27/11) sore. (Foto: OJI/Humas)

Beritakota.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo menerima langsung para pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, di Istana Merdeka pada Senin (16/12/19).

Tampak Presiden Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi tidak membahas mengenai raihan sepakbola Indonesia di ajang Sea Games 2019 Filipina. Namun, Kepala Negara ingin PSSI agar lebih siap dalam Piala Dunia U20 pada tahun 2021, dimana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah penyelenggara.

"Tahun 2021 kita akan menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U20. Ini betul-betul saya minta, segala sesuatunya dipersiapkan mulai dari promosi acara, transportasi akomodasi, kesiapan stadion, semuanya. Karena ini event yang tidak mudah untuk kita dapatkan (kesempatan jadi tuan rumah)," ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Muhammad Iriawan usai pertemuan dengan Presiden di Istana Merdeka menyampaikan,

"Para pemain yang berpartisipasi dari U19, kemudian mengenai pelatihan para pemain. Lalu ada juga ajang ujicoba dengan negara-negara asing seperti Arab, Uzbeskistan, dan Senegal. Kemudian beliau minta supaya dipersiapkan sejak dini," ujar pria yang akrab disapa Iwan itu.

Iwan juga menyampaikan bahwa FIFA yang akan bertugas di tahun 2021 juga berharap bahwa mereka tidak kena pajak saat mereka berada di Indonesia selama bertugas.

"Yang diminta FIFA, baik itu kemudahan mereka saat bawa barang, kemudian visa bagi yang datang, uang mereka, mereka tidak mau kena pajak," lanjut Iwan.

Iwan pun menjelaskan, bahwa Presiden ingin sepakbola Indonesia bisa lebih maju dan bagus, karena menjadi olahraga kegemaran mayoritas rakyat Indonesia.

Penulis:

Baca Juga