Mimika Siap Jadi Calon Ibukota Provinsi Papua Tengah

Beritakota.id, Jakarta-  Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua mengklaim bahwa Kabupaten Mimika dengan berbagai infrastruktur telah siap naik kelas menjadi ibukota sebuah provinsi. Yakni Provinsi Papua Tengah yang direncanakan akan menjadi calon pemekaran provinsi di negeri Mutiara Hitam tersebut.

"Segala-galanya sudah siap, siap untuk dijadikan ibukota," ungkap Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng saat ditemui rri di salah satu hotel di Mimika, Minggu (15/12/2019).
Menurut Eltinus, selain infrastruktur, ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) juga telah disiapkan untuk menjalankan roda pemerintahan nantinya. "Kami tidak perlu bicarakan SDM, kami sudah siap," ucapnya.

Kata Eltinus yang saat ini tengah disiapkan adalah pembukaan lahan untuk pembangunan kantor gubernur. "Kami bersihkan lokasi untuk tempat membangun kantor," ujarnya.

Sementara itu, dari pantauan RRI, seluruh infrastruktur memang tengah dikerjakan Pemerintah Kabupaten Mimika. Tampak yang terus dikerjakan adalah pembangunan jalan dan sarana transportasi sentral seperti bandar udara. Bandar udara yang dibuat bandar udara kelas internasional, sehingga dapat disinggahi pesawat berbadan lebar. Selain itu, Mimika juga memiliki pelabuhan yang menjadi pusat tol laut sehingga terus dikembangkan menjadi pelabuhan samudera yang bisa melayani ekspor dan impor.

Seperti diketahui, Tujuh bupati di wilayah adat Meepago telah sepakat pembentukan Provinsi Papua Tengah. Tujuh bupati itu adalah Bupati Nabire, Bupati Mimika, Bupati Paniai, Bupati Puncak, Bupati Intan Jaya, Bupati Dogiyai, dan Bupati Deyai. Kesepakatan dukungan pembentukan Provinsi Papua Tengah juga ditandai dengan penandatanganan para bupati yang berisi 4 poin. Dimana salah satunya adalah menyetujui Ibu kota Papua Tengah berkedudukan di Mimika.

Penulis:

Baca Juga