Metland Sediakan Ability Hub Workshop Bagi Disabilitas

  • Bagikan
Metland Cibitung
Menteri Sosial Republik RI resmikan peletakan batu pertama pembangunan Ability Hub workshop bagi penyandang disabilitas, di Metland Cibitung, Senin (16/12)

Beritakota.id, Jakarta –PT Metropolitan Lamd Tbk ( Metland) melalui Yayasan Metropolitan Peduli (YMP) memfasilitasi penyandang disabilitas dengan Ability Hub sebuah kompleks workshop mini diatas lahan seluas 5000 meter persegi di Metland Cibitung.

Acara peletakkan batu pertama dihadiri dan diresmikan oleh Menteri Sosial RI Juliari P Batubara, Senin (16/12). Mensos mengapresiasi apa yang dibangun oleh pengembang seperti Metland, menurutnya ability hub ini yang pertama di Asia sebagai inkubatornya para disabilitas dalam menyalurkan keterampilannya.

“Seperti apa yang telah disampaikan pihak Metland ini menjadi tempat produksi sekaligus pemasaran, tak hanya Metland yang membeli saya juga bilang Kemensos untuk beli produk-produk yang dihasilkan ability hub sehingga teman-teman disabilitas merasa produknya dihargai dan bernilai,” kata Juliari P Batubara

Ia mengatakan ability hub ini harus bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Pariwisata agar para turis-turis bisa mampir sehingga keberlangsungan dan kemandirian usaha para disabilitas bisa tercipta.

Ability Hub merupakan wadah bagi penyandang disabilitas agar dapat menyalurkan keterampilannya memproduksi barang kerajinan dan konsumsi serta memasarkannya. Semua warga negara termasuk penyandang disabilitas memiliki hak dan kedudukan yang sama dilingkungan masyarakat.

“Dengan memberikan bekal keterampilan usaha dan manajemen, kita bisa membantu penyandang disabilitas untuk menghidupi dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain,” kata Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk Thomas J Angfendy.

Peserta program ability hub sendiri merupakan para penyandang disabilitas yang sebelumnya telah mendapatkan pembekalan keterampilan kerja dari balai besar Kementerian Sosial RI. Nantinya para peserta ability hub akan dilatih untuk menjadi pelaku usaha atau enterpreuner dalam bidang produksi barang yang terkait dengan keterampilan yang dimilikinya seperti industri pembuatan kaki, tangan palsu, pembuatan hotel amenities, kerajinan tas souvernir, / godibag, pembuatan batik, percetakan ATK dan lainnya.

Lanjutnya, selama program berjalan para peserta akan mendapatkan pendampingan dan pembekalan pengetahuan dalam hal manajemen produksi, operasional, keuangan dan pemasaran selama maksimal dua tahun.

Setelah periode tersebut peserta program ability hub diharapkan untuk dapat menjadi pelaku usaha yang mandiri, sehingga dapat membuka usahanya dilokasi lain. Tempat yang ditinggalkan kemudian akan menjadi wadah bagi peserta.peserta ability hub yang baru.

“Ability Hub sendiri ditargetkan akan beroperasi Oktober mendatang dengan 12 unit workshop. Selain itu pelaku usaha difabel dapat menggunakan lokasi usaha yang disediakan Metland secara cuma-Cuma atau tanpa dikenakan biaya sewa,” tandasnya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *