Amankan Laut Natuna, Kemenkeu Siapkan Dana Talangan

  • Bagikan
Natuna

Beritakota.id, Jakarta- Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) siap untuk memberikan dana talangan apabila memang dibutuhkan Kementerian Pertahanan untuk menambah kapal baru. Nantinya anggaran tersebut berasal dari Bendahara Umum Negara (BUN).

“Nanti lihat kebutuhan. Ini baru awal tahun. Pagu Kemhan kan banyak, kalau kurang atau tidak cukup kan ada dana cadangan untuk antisipasi dan kebutuhan mendesak,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani di Kantornya, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Semenara itu terkait rencana pembelian kapal baru untuk Kementerian Pertahanan (Kemhan), Askolani mengaku tidak tahu-menahu. Dia bilang, sejauh ini pihaknya hanya mengalokasikan kebutuhan anggaran untuk pengadaan alutsista.

“(Soal penambahan kapal?) Tentunya kami tidak tahu apa yang disampaikan apakah sudah ada alokasinya, nanti dicek persisnya, tentunya di Kemenhan itu kita tahu sudah ada pendanaan alutsista. Apakah itu kapal, peralatan untuk perang lainnya,” tukasnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana akan menambah armada kapal berukuran besar untuk mengamankan perbatasan laut Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk menjaga daerah laut Indonesia dari serbuan kapal-kapal asing.

“Ke depan Pak Prabowo tadi juga sudah bilang akan perbanyak kapal angkatan laut dan saya usul supaya ocean going kapal,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Menko Luhut menyebut keinginan Prabowo menambah atau membeli kapal berukuran besar bukan tanpa sebab. Mengingat selama ini di Indonesia belum memiliki kapal besar untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia.

“Kita nggak pernah ada (kapal besar) selama republik ini merdeka. Jadi, sekarang ini tadi dengan Pak Prabowo tuh mau beli yang 138-140 meter,” kata dia

Kendati begitu, Menko Luhut enggan berkomentar lebih jauh terkait dengan rencana pembelian kapal tersebut. Hanya saja dirinya menyebut tahun ini kapal besar tersebut siap masuk ke Tanah Air.

“Ya ga tau (dari mana) urusan menhan lah saya mau tanya-tanya bagaimana. Walaupun saya tahu masa saya cerita ke kau,” sebutnya. (Poppy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *