Prospek Bisnis Kopi Meningkat, Kemenkop Gelar Pelatihan Barista dan Roasting

Beritakota.id, Jakarta - Guna memberikan pengunjung sajian kopi yang nikmat, Kementerian Koperasi dan UKM mengadakan pelatihan barista dan roasting kopi bagi jajaran pegawainya. Hadir dalam pembukaan pelatihan yaitu, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan, Bendara Umum Dewan Kopi Indonesia, Lisa Ayodhia, Founder Coffee Lovers Indonesia, Jamil Musyanif.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan dalam sambutannya di Kementerian Koperasi dan UKM, Selasa (28/1/2020) mengatakan kopi saat ini sudah menjadi bagian lifestyle. Melalui kegiatan seperti secara tidak langsung telah mempromosikan kopi sebagai komoditas unggulan.

“Seraplah ilmu dalam kegiatan ini agar sajian kopi kita jadi berkualitas, sehingga tamu-tamu yang hadir ke Kementerian menjadi berkesan. Wah kopi Kementerian UKM ini enak banget yah,” ucapnya seraya memberikan apresiasi kepada para hadirin yang telah berpartisipasi untuk hadir membuat sajian kopi.

Lanjutnya, bahkan tidak menutup kemungkinan ditengah karir Anda saat ini, bisa menjadi profesional ahli dibidang roasting kopi. Tak heran kini generasi muda mengandrungi tempat-tempat ngopi yang mereka sukai dan bahkan bagian dari lifestyle mereka.

“Senangnya mereka bukan hanya suka kopi tapi mereka suka dengan bisnisnya juga. Ini tentunya menjadi hal yang baik untuk melestarikan ragam kopi Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu,  Ketua Harian Asosiasi Duta Indonesia Lisa Ayodhia mengatakan bisnis kopi bukan merupakan hal yang baru. Dan UMKM mestinya sudah menjadi andalan karena tidak serumit dengan bisnis-bisnis lainnya.

“Tapi yang paling penting dalam penyajian kopi ialah bagaimana menyajikan kopi yang sehat dan benar. Dan  karenanya jangan memusuhi kopi sachetan karena mereka industrial juga kalau gak ada industrial juga tidak maju kopi kita,” ujar Lisa yang juga sebagai Dewan Kopi Indonesia

Saatnya Indonesia sebagai tuan rumah dinegaranya sendiri. Ia mencontohkan Korea yang bukan peminum kopi tapi penjual kopinya kanan-kiria, mereka  berusaha mengangkat kopi ini menjadi bisnis tersendiri.

Ia menambahkan, tren kopi saat ini terus bertumbuh coba tengok banyak franchise kopi meskipun yaitu kopi susu. kita saja kalau ketemuan teman-teman aja bilangnya ayo ngopi. Walaupun mungkin minumnya air mineral, rapat sambil ngopi, bisnis sambil ngopi bahkan pacaran sambil ngopi.

“Melalui kegiatan ini kementerian ini bisa menjadi contoh oleh lembaga/ kementerian lainnya. Kami harapkan setelah pelatihan ini, mereka dapat menyajikan kopi dengan berbagai modifikasi namun tetap terjaga cita rasanya. Selanjutnya tinggal memperkaya jam terbang saja,”tandasnya (Ahmad Fadli)

Penulis:

Baca Juga