BUMN Dituntut Siap Menghadapi Era Industri 4.0

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta- Menapaki era industri 4.0, sejumlah industri diperhadapkan dengan satu pilihan ‘mau tidak mau’ terkait penerapan serta penguasaan teknologi agar tidak tergerus dengan dampak minor digitalisasi.

Tak hanya sektor swasta, hal tersebut juga sejatinya berlaku terhadap sektor perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), hal tersebut sejalan dengan fungsi BUMN itu sendiri, yakni mengelola serta menata kebijakan perekonomian masyarakat

Yang menjadi pertanyaan, sudah siapkah perusahaan – perusahaan BUMN menjawab sejumlah tantangan memasuki era industri 4.0 tersebut.

Hal tersebut menjadi pembahasan di Seminar BUMN Jakartainsight.com bertajuk Seminar Nasional BUMN dengan tema ‘Menakar Kesiapan Perusahaan BUMN Menapaki Era Industri 4.0 dan Peleburan Bisnis Sampingan BUMN’ yang digelar pada Rabu (5/2) kemarin di Sahid Hotel, Sudirman – Jakarta Pusat.

Mewakili pihak Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Mohamad Toha yang menjadi salah satu pembicara dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa sudah menjadi keniscayaan perusahaan BUMN untuk turut melakukan perubahan dalam hal penerapan teknologi.

“Perusahaan milik negara tentunya sudah harus juga ikut dalam perubahan, pengimplementasian teknologi digital terbaru dalam revolusi industri 4.0 tersebut memungkinkan perusahaan untuk mencapai efisiensi, skalabilitas produksi, kegesitan, sekaligus meningkatkan produktivitas,” ujar M.Toha.

Bhima menyebut, teknologi mereka (Denmark) di terapkan pada sektor unggulan seperti agriklutur peternakan, sebagai contoh pemasangan chip pada telinga sapi guna  memantau kecukupan asupan makanan dan gizi guna menjaga produktifitas susu mereka.

Dari teknologi 4.0 tersebut didapat banyak data kebutuhan produksi daging dan susu sapi. Lalu dari sisi pelayanan, Denmark menggunakan e-commerce untuk menjual hasil produksi mereka,” terang Bhima. (Poppy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *