Digelar Bulan Juni 2020, Lintasan Balap Formula Capai 2,6 Kilometer

Beritakota.id, Jakarta -  Pada 20 September 2019 silam, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama tim Federation International Automobile (FIA) resmi mengumumkan kerjasama mereka terkait pelaksanaan balap mobil Formula E.

Balap mobil Formula E merupakan salah satu ajang balap mobil internasional bergengsi yang mempertarungkan mobil-mobil listrik.

Anies Baswedan berpendapat bahwa penyelenggaraan Formula E di Kota Jakarta bisa menjadi wujud kampanye Jakarta kota ramah Lingkungan.

"Hari ini saya pastikan, bahwa Formula E akan digelar di Jakarta pada 6 Juni 2020," ujar Anies Baswedan saat pre-event Jakarta E-Prix di Lapangan Monas Jakarta, Jumat, 20 September 2019 silam, dikutip dari Antaranews.

Menurut Anies, ajang ini sekaligus bisa menjadi bentuk dukungan Jakarta terhadap munculnya mobil listrik.

Pihak Pemprov DKI Jakarta pun diketahui telah menyiapkan penyelenggaraan yang akan digelar pada bulan Juni sebaik-baiknya.

Salah satunya adalah layout atau pemilihan jalur mana saja yang akan dijadikan lintasan.

Penanggung jawab layout, PT Jakarta Propertindo (JakPro) sudah memperkenalkan layout yang akan dilewati oleh balap Formula E.

Dikutip dari berbagai sumber, untuk panjang lintasannya akan menjadi 2,6 kilometer dengan tikungan sebanyak 11 buah.

Garis startnya akan dimulai di Jalan Medan Merdeka Selatan, di Depan Kantor Balai Kota DKI Jakarta yang juga merupakan kantor Anies Baswedan.

Area Medan Merdeka Selatan digunakan untuk menjadi lintasan straight (lurus) dimana semua mobil balap Formula E tersebut bisa memacu kecepatan maksimalnya hingga 220 km/jam.

Untuk kebutuhan lainnya pun kemungkinan akan disiapkan kedepannya sebelum balapan di gelar bulan Juni.

Untuk fasilitas pendukung balapan, akan ada fan zone, untuk para penggemar. Area VIP untuk para tim, official, serta para pembalap.

Serta ada juga tempat yang digunakan untuk media menyiapkan alat siarannya. Meskipun diliputi oleh banyak kontroversi, balapan Formula E di Jakarta akan digelar pada 6 Juni 2020.  (Akmal)

Penulis:

Baca Juga