Ini Penjelasan Menkes Kronologi Dua Orang Positif Virus Corona

Menkes RI dr Terawan

Beritakota.id, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengonfirmasi korban pertama virus corona di Indonesia. Ada dua orang warga, ibu dan anak.

"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," kata Jokowi tanpa menjelaskan lebih detil, Senin (2/3/32020).

Hal ini juga dibenarkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Bahkan ia menegaskan keduanya sudah di karantina.

"PDP (Pasien dalam pengawasan) batuk, pilek. Kemudian dilakukan swab (test) yang hasilnya positif. Hasil ini saya dapat, saya lapor Presiden dulu. Setelah Presiden umumkan, saya akan jelaskan detailnya," katanya pada wartawan.

Menurutnya korban terinfeksi melakukan kontak dengan warga Jepang yang tinggal di Singapura. Warga Jepang tersebut merupakan pasien corona yang positif di Malaysia.

"Jadi ditularkan ... WN Jepang," tegasnya. Menurutnya pemerintah kini melakukan tracking ke mana saja kedua korban positif pernah berkontak, untuk menekan penyebaran virus.

Ia mengatakan keduanya kini dirawat di RS Sulianti Saroso, Jakarta. Menurutnya rumah sakit yang ditunjuk sudah terlatih.

Ia menegaskan warga tak perlu panik. Namun masyarakat perlu menjaga imunitas,.

"Angka kematian juga dua persen atau di bawah, tergantung imunitas. Dari awal saya bilang

Dengan terkonfirmasinya kasus corona ini ada 66 negara yang terjangkiti corona. Saat ini menurut data arcGis pukul 11:27 WIB ada 89.071 kasus corona secara global.

Sementara korban tewas kini berjumlah 3.044. Sedangkan yang sembuh 45.074. Corona jenis baru ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China. WHO memberi nama penyakit ini COVID-19.

Penulis: Akmal

Baca Juga