Andalkan Produk UMKM, Sunchila Siap Ramaikan Pasar e-commerce Indonesia

CEO dan Founder E-commerce Sunchila, Dwi Afrilina
CEO dan Founder E-commerce Sunchila, Dwi Afrilina

Beritakota.id, Jakarta-  Dukungan demi dukungan terhadap pengembangan UMKM di tanah air terus dilakukan. Salah satunya dengan hadirnya e commerce Sunchila yang menghadirkan sebuah platform dengan menyediakan berbagai macam barang untuk masyarakat di Indonesia, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Yang nantinya barang-barang ini akan dijual kembali oleh pembelinya.

Kelebihan yang ditawarkan di Sunchila adalah pembeli dapat membeli barang grosir dengan Minimum Order Quantity (MOQ) atau minimal pembelian yang sedikit. Jadi biasanya untuk pembeli yang membeli barang grosiran harus dengan minimal pembelian 6-12pcs tapi di Sunchila pembeli cukup membeli dengan 3 pcs.

"Hal ini dapat memudahkan pembeli untuk menjual berbagai variasi barang, tanpa perlu mengeluarkan modal yg besar. Selain dari segi minimal pembelian, SUNCHILA juga menjunjung tinggi one-to-one service, yang artinya disini pembeli dapat langsung menghubungi Account Executive secara langsung tanpa perlu terhubung dengan Customer Service dan menjelaskan secara ulang permasalahan yang dialami oleh pembeli. Account Executive dari Sunchila juga akan langsung membantu dan menangani terkait permasalahan yang dihadapi oleh pembeli," ujar CEO dan Founder Sunchila Dwi Afrilina, kepada redaksi Beritakota.id Kamis (5/3/2020).

Menurut pengakuannya,  tahun 2020 menjadi ajang bagi Sunchila melakukan branding besar-besaran yang akan dimulai dari Jakarta dan menuju kota-kota lainnya.

"Kami akan melakukan pengenalan ke beberapa UMKM dengan cara mengadakan acara roadshow di beberapa kota dan kami juga akan membuka stand-stand di sekolah dan universitas sehingga anak-anak muda dapat memiliki jiwa entrepreneurship sejak dini," katanya.

Dirinya menekankan,  dimana kegiatan tersebut merupakan tahap awal Sunchila diperkenalkan ke masyarakat. Lalu di tahun-tahun berikutnya Sunchila akan melakukan ekspansi sampai ke seluruh pulau Indonesia, Benua Asia, dan akan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan E-Commerce yang ada di Benua Asia sampai Internasional.

"Harapannya ke depan saat masyarakat melihat logo, slogan-slogan SUNCHILA, masyarakat akan mengenal dan mengingat bahwaSunchila adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai macam barang grosir dan bahwa Sunchila dapat memberikan dampak yang positif untuk bisnis mereka dan dapat membantu masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya UMKM dalam melakukan bisnisnya," imbuhnya.

Terkait potensi pasar di tanah air, dia menjelaskan pasar E-Commerce di Indonesia cukup menarik, berdasarkan data sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, industri E-Commerce  Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir meningkat hingga tujuh belas persen dengan total jumlah usaha E-Commerce mencapai 26,2 juta unit. Dan pada tahun 2018, E-Commerce di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan yang pesat, dan diperkirakan akan terus meningkat seiring berkembangnya jumlah pengusaha dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Berdasarkan data tersebut, menurut saya Indonesia ini memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang dan maju dalam dunia E-Commerce. Tidak heran, banyak investor dari luar yang mencari peluang untuk memberikan investasi untuk beberapa perusahaan E-Commerce di Indonesia. Karena mereka sudah melihat, betapa menariknya perkembangan dan prospek dunia E-Commerce di Indonesia. Apalagi dengan seiring berkembangnya teknologi yang semakin maju, yang membuat masyarakat kini hidup menjadi lebih mudah dan efisien, dan juga persiapan kita dalam menghadapi “Revolusi Industri Keempat”. Hal ini menjadikan peluang E-Commerce untuk maju semakin terbuka lebar," katanya.

Persaingan Ketat

Sekarang ini masyarakat di Indonesia tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai sebuah bisnis. Dengan adanya internet dan smartphone, seseorang bisa dengan mudah menjual barang-barang di platform-platform yang tersedia.

Menanggapi persaingan industri E Commerce, dia menjelaskan persaingannya cukup ketat, karena E-Commerce di Indonesia sudah meluas. Sunchila yang merupakan pendatang baru di dunia E-Commerce sudah siap dalam menghadapi persaingan di industri ini.

"Dengan strategi-strategi bisnis yang sudah di susun, kami sudah mempersiapkan dan memikirkan “masa depan” Sunchila untuk beberapa tahun kedepan. Dengan tujuan Sunchila akan bertahan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sampai kapanpun," pungkasnya.

Penulis: Ahmad Fadli

Baca Juga