Harga Masker Tinggi, PD Pasar Jaya Gelar Operasi Pasar

Beritakota.id,Jakarta - Perumda Pasar Jaya menggelar operasi pasar masker murah seharga Rp 2.500 per lembar. Jualan yang digelar di Jakmart di area pertokoan obat Pasar Pramuka, Jakarta Timur, tersebut langsung diserbu ratusan pembeli yang mengantre panjang di lokasi tersebut.

Dari ratusan pembeli ini ada yang untuk kebutuhan pribadi, namun ada pula yang mau dijual lagi dengan harga tinggi. Tiap pembeli dibatasi hanya satu boks berisi 50 helai masker dengan harga Rp 125 ribu. Sedangkan para pedagang obat-obatan di kawasan tersebut tetap menjualnya seharga Rp 450 ribu.

“Lumayan, habis beli dari sini langsung kita oper ke pedagang obat, untungnya lumayan,” ujar salah satu pembeli di Pasar Pramuka, Jaktim, Kamis (5/3). Pembeli diwajibkan membawa KTP untuk dicatat petugas.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin melakukan inspeksi mendadak (sidak) operasi pasar di kawasan tersebut. Ia mengingatkan kepada para spekulan, jangan coba-coba menimbun masker.

“Selain menggelar operasi pasar, kami juga akan mengajak petugas Polda Metro Jaya untuk menggeledah kios di kawasan sini. Kalau terbukti menimbun barang untuk mencari keuntungan pribadi, biar diproses secara hukum,” tegas Arief.

Arief didampingi jajarannya tampak memasuki sejumlah toko sambil menyampaikan peringatan tersebut. Namun, para pedagang tetap menjual mahal yakni Rp 450 ribu/boks karena katanya beli sudah mahal sejak merebaknya isu virus corona yang meresahkan masyarakat.

“Dengan adanya operasi pasar ini, tentu akan menurunkan harga di luaran yang saat ini masih sangat tinggi,” ujar Arief sambil menjelaskan pihaknya menyiapkan 20 ribu boks atau satu juta lembar masker yang dijual murah di pasar tradisional kelolaan Perumda Pasar Jaya serta Jakmart dan Jakgrosir yang tersebat di 87 titik lokasi.

“Pak Gubernur minta harga masker ini dinormalisasi, kita sebagai yang punya pasar langsung turun hari ini. Kita cari stok masker yang sesuai standar ada sertifikasi dan sebagainya, kita dapat 1 juta masker untuk kita lakukan operasi pasar,” kata Arief.

Adapun harga masker di gerai JakGrosir dan JakMart sendiri dijual lebih murah dengan harga Rp 1.950 per lembar, namun, per orang hanya boleh membeli sebanyak dua lembar saja.

Pihaknya saat ini masih terus berupaya memperbanyak stok masker melalui pendekatan dengan sejumlah distributor. “Masker yang dicari adalah yang kualitasnya bagus dan harganya murah. Kami harapkan dengan adanya operasi pasar, harga masker segera kembali normal,” harap Arief

Penulis: Akmal

Baca Juga