Tahun Ini, Smesco Indonesia Stop Pameran Produk UKM di Luar Negeri

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta-Direktur Utama LLP Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata akan menghentikan promosi pameran produk UKM di mancanegara mulai tahun ini. Hal ini lantaran keterbatasan anggaran yang diterima Smesco Indonesia.

“800 juta rupiah anggaran yang dialokasikan untuk Smesco sangat terbatas. Dan kalau pun untuk pameran produk UKM di luar negeri tidak akan berimpact apapun yang didapat hanya tukaran kartu nama,” ujar Leonard dalam orientasi jurnalis KUKM 2020, “Koperasi dan UMKM Penyelemat Ekonomi Indonesia” di Kemenkop dan UKM, Jakarta, Jumat (13/3).

Ia mengatakan, Smesco akan redesign menjadi Future Compound dimana gedung Smesco sebagai pusat konsultasi dari hulu ke hilir retail gallery sudah ada, tapi nanti juga ada (spot) untuk akurasi produk sehingga bisa memberikan penguatan pada brand lokal.

“Nah untuk membangun future compound dibutuhkan investasi Rp 30 miliar. Sementara bangun foodcourt tiga lantai saja dengan luasan 600 meter persegi butuh dana Rp 10 miliar. Banyak yang ingin kita capai terkendala anggaran,” pungkasnya.

Pihaknya pun saat ini sudah mulai renovasi Smesco. Pengalamannya sebagai private sektor akan ditularkannya dengan menjaring sponsorship dari luar negeri, investor luar dan NGO.

“Kalau program kita bagus yang ditawarkan tentunya banyak pihak yang ingin bantu,” sebutnya.

Ia menambahkan, Smesco ingin fokuskan UKM kecil dan menengah di naik kelaskan. Jadi kalau mau ke luar negeri harus didampingi oleh sebuah platform atau mekanisme yang bisa menjalankan aspek tradingnya. Sehingga UKM yang akan diterbangkan ke luar negeri benar-benar UKM yang tangguh dan tepat sasaran.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *