Work From Home, Sejumlah Operator Jaringan Seluler Siaga Hadapi Lonjakan Trafik Layanan

Beritakota.id, Jakarta -  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, Penyelenggara Telekomunikasi dan Penyelenggara Platform Digital secara bersama-sama memberikan dukungan dan komitmen dalam mendukung kebijakan Presiden dalam mengatasi Pandemi Covid-19.

“Diantaranya penyediaan bandwidth dan kualitas layanan yang baik; penangkalan berita hoaks, maupun insentif lainnya,” papar Johnny.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro menjamin kesiapan jaringan dan layanan Telkomsel. Ia mengatakan perusahaan berkomitmen untuk menyediakan layanan berkualitas untuk menjamin kenyamanan pelanggan. Ia menjelaskan Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan.

“Telkomsel berkomitmen untuk memastikan seluruh layanan Telkomsel tetap tersedia dan aktivitas operasional tetap berjalan normal. Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan,” ujar Setyanto.

XL juga mengumumkan kesiapaan mengantisipasi potensi kenaikan trafik semua layanan terkait meningkatnya aktivitas bekerja dan belajar dari rumah yang dilakukan masyarakat sebagai upaya menghindari penyebaran virus Corona.

Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan jaringan yang memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari. Selain itu, jika memang terjadi peningkatan trafik yang signifikan, XL Axiata juga siap meningkatkan kapasitas jaringan.

Indosat Ooredoo pun memastikan koneksi jaringan mereka mendukung kelancaran kebutuhan internet pelanggan.

“Kami memastikan performansi jaringan dalam mendukung komunikasi lancar bagi pelanggan, termasuk kesiapan kapasitas jaringan untuk melayani peningkatan trafik atau kebutuhan koneksi telekomunikasi,” tulis Indosat.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia (Tri), Danny Buldansyah juga menjamin Tri mampu menangani lonjakan trafik karena telah melakukan ekspansi jaringan sejak 2019. “Tri sudah melakukan ekspansi secara agresif sejak tahun lalu sehingga kapasitas dan kualitas layanan akan mampu menangani lonjakan trafik,” ungkapnya

Menkominfo mengapresiasi semangat pemangku kepentingan sektor Kominfo untuk mengakhiri Pandemi covid-19.

“Saya berterima kasih kepada pimpinan perusahaan yang dengan semangat bersama untuk hadir di Kominfo dengan tujuan bersama memastikan mengakhiri penyebaran Covid -19,” pungkasnya

Penulis: Akmal

Baca Juga