Dibawah Komando AHY, Partai Demokrat Menjadi Partai Modern

Beritakota.id, Jakarta - Berbagai pertanyaan bernada pesimistis terus muncul terhadap kapabilitas Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY yang resmi menjabat ketua umum Partai Demokrat, akhir pekan lalu.

Walau begitu, para kader Demokrat berharap AHY mampu mengubah peruntungan partai mereka yang terus anjlok sejak era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Lantas, bagaimana proyeksi kepemimpinan AHY di Demokrat ke depan?

Terpilihnya AHY menggantikan SBY di kursi nomor satu Demokrat disebut sebagai momen perubahan wajah partai pemenang pemilu 2009 itu.

Hampir sebagian besar politikus yang turut mendirikan Demokrat tahun 2004 bersama SBY, seperti Amir Syamsuddin dan Syarief Hassan, akan melepaskan diri dari kepengurusan partai.

Amir berkata, AHY tidak boleh mengulang sejarah buruk para politikus muda Demokrat yang gagal melanjutkan tongkat estafet karena kasus korupsi.

Sejumlah politikus muda di kepengurusan pusat Demokrat pada awal dekade 2010-an dibui dalam berbagai kasus korupsi, dari Anas Urbaningrum, Muhammad Nazaruddin, Angelina Sondakh, dan Andi Mallarangeng.

"Pada masa Anas Urbaningrum, harapan kami juga besar seperti ini. Dia memenuhi sisi kemudaan, tapi akhirnya kami semua kecewa dengan yang terjadi," kata Amir via telepon, Selasa (17/03).

"AHY terlihat punya kualitas, tinggal waktu yang memberi kesempatan dia untuk membuktikan kemampuan memimpin Demokrat menjadi partai modern," tuturnya.

Penulis: Glery Lazuardi

Baca Juga