Cegah Penyebaran Virus Covid 19, Penumpang Ojol Diminta Bawa Helm Sendiri

Beritakota.id, Jakarta - Ojek online jadi alternatif saat masyarakat khawatir terpapar virus saat menggunakan transportasi umum. Tak hanya itu, asosiasi ojek online mengimbau agar penumpang bisa menyiapkan helm pribadi untuk mencegah penularan virus corona.

"Asosiasi pengemudi ojol Garda menyarankan bagi penumpang pelanggan ojol yang rutin menggunakan jasa ojol agar mulai membawa helm SNI pribadi sendiri," kata Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Gunawan saat dihubungi, Selasa (17/3/2020).

Ojek online menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan masyarakat. Bila melihat kebiasaan, satu helm penumpang disediakan pengemudi ojol yang digunakan secara bergantian.

Dikutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, penyebaran virus Corona memungkinkan dari manusia ke manusia melalui percikan droplet. Bersin atau droplet orang yang terinfeksi bisa jatuh di objek atau permukaan benda.

"Mungkin saja seseorang bisa tertular COVID-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang memiliki virus di atasnya dan kemudian (tangan) menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka sendiri," tulis laman tersebut.

Memang salah satu risiko saat membawa helm sendiri bisa repot dengan tempat penyimpanan.

"Gunakan tas khusus helm untuk membawa helm untuk keamanan dan kenyamanan penumpang," kata Igun

Penulis:

Baca Juga