Ahmad Riza Patria Resmi Jadi Wagub DKI

Beritakota.id, Jakarta - Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria resmi terpilih sebagai wakil gubernur Jakarta di sisa masa jabatan 2017-2022. Dalam pemungutan suara di rapat paripurna DPRD Jakarta, Senin (6/3/2020) Riza menang telak atas lawannya Nurmansjah Lubis dari PKS.

Riza berhasil mengumpulkan 81 suara dari total 100 anggota parlemen yang memiliki hak voting. Sementara Nurmansjah mengumpulkan 17 suara.

Dua suara lainnya dinyatakan tidak sah. Perolehan suara keduanya alot di awal penghitungan di mana keduanya sempat sama-sama mengumpulkan liam suara. Namun suara Riza langsung melesat jauh meninggalkan pesaingnya setelah itu.

"Dengan ini saudara Ahmad Riza Patria sah sebagai cawagub Jakarta terpilih sisa masa jabatan 2017-2020," ujar pimpinan sidang sekaligus Ketua DPRD Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi usai penghitungan.

Sebelumnya, tidak semua anggota DPRD DKI Jakarta memiliki suara. Sebagian besar anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta tidak mendapatkan hak suara.

Penyebabnya, sebagian besar dari mereka datang terlambat dari waktu yang ditentukan yakni pukul 10.00 WIB. Hanya dua anggota PSI yang menjadi saksi yang bisa memilih.

"Fraksi PSI delapan orang dianggap telat," kata kata Prasetyo.

Akhirnya, rapat dilanjutkan dengan penambahan jumlah anggota pemilih yaitu 100 orang. Semua anggota DPRD DKI Jakarta yang ikut memilih menggunakan masker.

Proses pemilihan dilakukan dengan memperhatikan aturan physical distancing. Anggota DPRD DKI Jakarta yang menggunakan hak suara tidak boleh berdekatan.

Penulis: Akmal

Baca Juga