Dahsyat, Rupanya Indonesia Pernah Uji Coba Meledakkan Bom Atom Hingga Buat Dunia Bergidik

Beritakota.id, Jakarta - Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Indonesia beberapa waktu lalu membuat pernyataan mengejutkan. Luhut mengutarakan jika Indonesia harus punya bom nuklir agar diperhitungkan oleh negara-negara lain di dunia.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam acara 'Soft Launching Agriculture War Room (AWR)' di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020) seperti dikutip dari wartakota.tribunnews.com.

"Kita tidak dianggap (karena tidak punya senjata nuklir)," kata Luhut.

Luhut menambahkan sebenarnya negeri ini memiliki potensi untuk membangun sistem pertahanan canggih termasuk Nuklir.

"(Saat itu) saya ingin bilang, 'you know what? Negara kami punya semua'," tegas Luhut. Bahkan keinginan Luhut itu sudah disampaikan kepada presiden Joko Widodo.

"Saya juga sebagai jenderal sudah terpikir itu, pengin juga (Indonesia) punya nuclear power," kata Luhut.

Nyatanya jauh sebelum keinginan Luhut ini terucap, Indonesia hampir pernah menguji coba bom Atom ciptaannya dan buat dunia merinding. Awalnya pada tahun 1960, presiden pertama Indonesia, Soekarno sadar jika sebuah negara haruslah mempunyai kapabilitas dalam pengayaan uranium.

Maka pada tahun itu juga ia berhasil menjalin kerjasama dengan AS untuk pengembangan nuklir. AS setuju membantu dalam hal pengayaan uranium, karena awalnya Indonesia hanya ingin menggunakan nuklirnya demi tujuan damai.

Tapi ditengah jalan kerjasama itu terganggu lantaran matinya John F Kennedy yang dikenal akrab dengan Soekarno.  Kebijakan AS setelah tewasnya Kennedy berubah, termasuk menyoal pengayaan uranium Indonesia.

Awalnya pada tahun 1960, presiden pertama Indonesia, Soekarno sadar jika sebuah negara haruslah mempunyai kapabilitas dalam pengayaan uranium.

Maka pada tahun itu juga ia berhasil menjalin kerjasama dengan AS untuk pengembangan nuklir. AS setuju membantu dalam hal pengayaan uranium, karena awalnya Indonesia hanya ingin menggunakan nuklirnya demi tujuan damai.

Tapi ditengah jalan kerjasama itu terganggu lantaran matinya John F Kennedy yang dikenal akrab dengan Soekarno.

Kebijakan AS setelah tewasnya Kennedy berubah, termasuk menyoal pengayaan uranium Indonesia. Soekarno geram, ia kemudian mengalihkan haluan tujuan nuklir Indonesia untuk dijadikan bom atom!

Secara rahasia, Soekarno kemudian menyuruh para ilmuwan Lembaga Tenaga Atom (LTA) Indonesia berguru ke China karena negeri Tirai Bambu itu berhasil mengujicoba bom nuklirnya tahun 1964.

Hingga tiba saatnya November 1964.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Akmal

Baca Juga