Hari Ini Komet Swan Bakal Melintasi Langit Bumi Indonesia

Beritakota.id, Jakarta - Selain peristiwa konjungsi Bulan, Saturnus, dan Jupiter, langit malam juga dihiasi oleh melintasnya Komet Swan atau Komet C/2020 F8. Komet tersebut melewati Bumi dengan jarak paling dekat pada 13 Mei dan dapat disaksikan hingga 18 Mei dari Bumi saat shubuh. Komet juga akan berada dekat dengan Matahari pada 27 Mei.

Dilansir dari laman CNet, Rabu (13/5/2020) komet Swan memiliki panjang ekor 10 juta mil atau 16 juta kilometer. Warnanya terang kehijauan di langit malam. Komet juga dapat diamati dengan mata telanjang dan berjarak sekitar 53 juta mil atau 85 juta kilometer dari Bumi. Jarak tersebut dipastikan aman, sehingga tidak ada dampak bahaya ke Bumi.

Untuk diketahui, komet tersebut ditemukan pertama kali oleh astronom asal Australia Michael Mattiazzo pada 10 April 2020. Mattiazzo menemukan Komet ketika melihat hasil pengamatan kamera SWAN yang terpasang pada satelit SOHO milik European Space Agency (ESA) dan National Aeronautics and Space Administration (NASA). Satelit tersebut digunakan untuk mengamati Matahari selama 24 jam.

Ia membandingkan 17 foto yang diperoleh kamera SWAN dari 25 Maret hingga 11 April 2020. Komet tersebut kemudian diberi nama resmi C/2020 F8 atau SWAN.

Penulis: Akmal

Baca Juga