Alibaba Ajak Pelaku IKM dan UKM B2B untuk Tangkap Peluang di Pasar Global

Beritakota.id, Jakarta -  Alibaba.com, platform perdagangan B2B (business-to-business) terkemuka milik Alibaba Group, hari ini mengumumkan inisiatif bernama ‘Sprout Up’ untuk  memudahkan IKM (Industri Kecil dan Menengah) dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) berorientasi ekspor untuk go online dan go global dengan memanfaatkan peluang perdagangan B2B yang saat ini tersedia di pasar global yang luas melalui platform online.

‘Sprout Up’ merupakan bagian dari inisiatif global bertajuk ‘Spring Thunder’ dari Alibaba Group untuk memberdayakan IKM dan UKM untuk bertahan dan berkembang melalui digitalisasi semasa dan pasca pandemi Covid-19.

Melalui inisiatif ini, Alibaba.com akan mendukung IKM dan UKM Indonesia di tiga bidang: 1) proses on-boarding yang lebih cepat di platform Alibaba.com untuk membangun jangkauan global, 2) akses ke berbagai solusi untuk mempercepat pertumbuhan bisnis, serta 3) berbagai layanan yang disesuaikan dengan tujuan meningkatkan kapabilitas perdagangan online para pelaku usaha.

“Pertumbuhan ekonomi digital dan ketidakpastian bisnis yang terjadi saat ini telah membawa perubahan mendasar pada bagaimana bisnis beroperasi, termasuk dalam perdagangan B2B global. Namun, walau ada banyak peluang dan desakan untuk go online dan go global, masih banyak pelaku IKM dan UKM yang mengalami kesulitan dalam memanfaatkan pasar global dan transformasi besar yang saat ini sedang terjadi.” ujar Zhang Kuo, General Manager, Alibaba.com

“Alibaba.com hadir untuk membantu IKM dan UKM di Indonesia tumbuh, menyebar, serta mencapai pertumbuhan yang sehat dan kuat dengan menjual produk mereka di pasar global. Di tengah perubahan lansekap perekonomian akibat pandemi ini, kami akan menghadirkan akses pasar dan peluang perdagangan global yang lebih baik dengan memanfaatkan platform digital serta keahlian perdagangan global yang kami miliki selama dua dekade ini,” jelas Zhang Kuo.

Penulis: Ahmad Fadli

Baca Juga