WhatsApp Berikan Pelatihan 3.500 Pelaku UMKM

Beritakota.id, Jakarta - WhatsApp ikut mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk masuk ke ekosistem digital.

Kal ini, perusahaan aplikasi ini menggandeng UKM Indonesia dengan memberi pelatihan terhadap 3.500 lebih pelaku UMKM di 12 kota di Indonesia.

Program bertajuk 'Go Digital & Scale Up with WhatsApp' itu menawarkan pelatihan memulai dan menjalankan bisnis digital agar tetap bisa menjangkau dan menarik pelanggan baru, di masa pembatasan sosial akibat Covid-19.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan menyatakan, UMKM merupakan salah satu dari banyak sektor yang terdampak secara signifikan oleh Covid-19.

“Pandemi ini telah menimbulkan berbagai kendala tidak terduga oleh pelaku usaha kecil dan para pelanggan yang bergantung kepada mereka,” ujar WhatsApp APAC Public Policy Director Clair Deevy dalam diskusi virtual, Selasa, (21/7/2020).

Maka, lanjutnya, program pelatihan yang disusun WhatsApp dan UKM Indonesia tersebut akan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM. Materi pelatihan meliputi cara masuk ke perekonomian digital, terutama dalam situasi sulit ini.

Program pelatihan akan diadakan secara daring supaya pelaku UMKM di seluruh Indonesia berkesempatan ikut partisipasi. Kurikulum pelatihan juga mencakup cara mengembangkan strategi bisnis, serta keterampilan umum memasarkan suatu produk, sekaligus menjangkau pelanggan baru dengan memanfaatkan sarana digital seperti WhatsApp Business.

“Di Indonesia masih banyak tempat yang belum memiliki infrastruktur konektivitas internet sebaik di perkotaan. Peserta pelatihan kami membutuhkan sarana sederhana tapi tangguh, seperti WhatsApp Business, yang tidak memerlukan konektivitas terbaik untuk bekerja dengan baik,” kata Ketua UKM Indonesia Dewi Meisari Haryanti.

Dia menuturkan, UMKM menyumbang sekitar 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. "Itu sebuah jumlah besar, sekitar Rp 15,7 triliun per harinya. Mereka juga menciptakan banyak lapangan pekerjaan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pemerintah pun berkomitmen mendorong transformasi digital bagi UMKM di seluruh nusantara. “Kami ingin UMKM di Indonesia meningkatkan keterampilan digital dan literasi finansial mereka, tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan pesat bagi usaha mereka, tetapi juga mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia,” Deputi I Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir.

Kemenko Perekonomian, sambungnya, mengapresiasi program pelatihan yang diinisiasi WhatsApp dan UKM Indonesia. “Kami tahu agar dapat menjangkau ratusan ribu UMKM di Indonesia, kami harus terbuka berkolaborasi," kata Iskandar.

Program pelatihan itu dapat diakses melalui http://belajarukmindonesia.id/, dan akan dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu enam bulan. Setiap tahap terdiri dari tiga sesi, dan setiap sesi berdurasi dua jam.

Pelatihan tersebut gratis bagi pemilik UMKM di Indonesia. Dalam program ini, peserta akan belajar mengenai berbagai topik mulai dari strategi promosi, mengatur keuangan, dan tentu saja, memaksimalkan kegiatan pemasaran mereka dengan memanfaatkan WhatsApp Business

Penulis: Ahmad Fadli

Baca Juga