Sekilas Info

Duh, Gara-gara Salah Entry Data 2 Juta Kartu Prakerja Hangus

Beritakota.id, Jakarta - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebutkan, lebih dari dua juta peserta Kartu Prakerja tak lolos verifikasi. Penyebabnya, para peserta tidak teliti dalam mengisi (entry) data yang ada.

"Data yang dimasukkan tidak lengkap. Kalau tidak salah kita sudah kehilangan dua juta peserta dari yang sudah lolos verifikasi email," kata Denni dalam webinar secara virtual.

Untuk itu, dia mengimbau agar para peserta lebih berhati-hati dalam mengisi data. Pasalnya, bila salah input satu angka saja dalam nomor induk kependudukan (NIK), maka tidak akan terdaftar.

"Jangan terburu-buru pencet tombol enter. Harus diteliti dulu, sebab salah input satu nomor nik saja, ketika ditembak ke Dukcapil, dan tidak keluar maka akan gagal," jelasnya.

Selain itu, Denni juga mengingatkan mengenai verifikasi terakhir yang dilakukan melalui sistem OTP SMS. Ia menekankan, agar nomor telepon yang didaftarkan benar-benar dimiliki peserta dan jangan menggantinya.

"Karena ini kan jalan digital yang tidak bertemu orangnya. Jadi untuk memastikan si peserta maka OTP SMS itu jalannya. Ini untuk membuktikan bahwa peserta bukan orang lain yang menggunakan identitasnya," pungkasnya.

Penulis: Akmal

Baca Juga