Besok, Pemerintah Umumkan Resesi Ekonomi

Beritakota.id, Jakarta -  Sandiaga Salahuddin Uno menyebut pemerintah akan mengumumkan bahwa Indonesia resmi memasuki fase resesi ekonomi pada Rabu 5 Agustus 2020. Hal tersebut disampaikan oleh mantan Wakil Gubernur DKI itu ketika menggelar tanya jawab dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta lewat akun Facebook-nya yang diunggap pada Minggu 2 Juli 2020.

“Saya mohon bantuan dari teman-teman di sini untuk mensosialisasikan dan mengedukasi para UMKM yang ada di daerah, bahwa resesi sebentar lagi masuk di Indonesia. Tanggal 5 Agustus akan ada pengumumannya,” jelas Sandiaga dalam video yang diunggah di Facebook pribadinya. Menurut Sandiaga Uno, perekonomian Indonesia masuk ke dalam teritori pengurangan aktivitas yang tergambar dengan penurunan perekonomi selama dua triwulan berturut-turut.

“Resesi ini ada dua dampak utama. Pertama adalah dari sisi produksi atau supply side. Nah ini yang sangat terdampak karena dengan adanya PSBB… Covid-19, sisi produksinya sangat terganggu.”

Namun, tambah Sandiaga, pada saat yang bersamaan juga terjadi moderasi dari sisi permintaan atau demand side. “Jadi supply side dan demand side semua terganggu karena Covid-19.

Akhirnya, kita akan melihat permintaan menurun, produksi menurun.” Kalau produksi menurun, berarti akan terjadi pengurangan aktivitas produksi.

“(Hal itu) yang berdampak kepada hilangnya pekerjaan dan mata pencaharian untuk sebagian dari saudara-saudara kita yang beraktivitas di sektor produksi termasuk UMKM.” Meski begitu, Sandiaga Uno berpesan bahwa  agar para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tetap tenang untuk menunggu keadaan mereda.

“Dari sisi supply dan demand sedikit bisa pulih baru kita bisa menyikapi dengan beberapa inovasi.”

Penulis: Akmal

Baca Juga