Sekilas Info

Saat Pandemi Simpanan Deposito Diatas Rp 200 Juta Meningkat

Beritakota.id, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, simpanan deposito di atas Rp200 juta diperbankan meningkat selama pandemi virus corona (Covid-19). Hal tersebut menandakan masyarakat menahan diri belanja dalam beberapa bulan terakhir.

"Mereka yang mempunyai deposito di atas Rp200 juta sebagian meningkatkan depositonya, tetapi tidak membelanjakannya," ujar Menko Airlangga dalam pembukaan Rakornas Apindo, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Menko Airlangga melanjutkan, pemerintah sedang menyiapkan sejumlah stimulan agar pemilik dana mau membelanjakan uangnya. Dengan demikian, roda perekonomian diharapkan bisa bergerak kembali.

"Ini pemerintah sedang mendorong stimulan agar masyarakat mulai membelanjakan uangnya," katanya.

Mantan Menteri Perindustrian tersebut, meminta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) turut serta memberikan kontribusi gagasan untuk mendorong belanja masyarakat. Terutama untuk sektor perhotelan dan restoran.

"Proyeksi 2021 berbagai institusi memprediksi Indonesia berada dalam jalur hijau. Ini memerlukan dukungan dari Apindo karena dari data yang ada masalah salah satunya adalah dari segi demand side," paparnya.

Penulis: Akmal

Baca Juga