Underpass Senen Akan Dihiasi Ornamen Betawi

Beritakota.id, Jakarta - Salah satu proyek yang masih dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta adalah pembangunan Underpass Senen Extension yang berada di ruas jalan dari arah Jalan Letjen Suprapto menuju Simpang Senen dan Tugu Tani, Jakarta Pusat.

Proyek tersebut sudah dibangun sejak Juni 2019. Hingga September 2020, bagaimana progres pembangunan Underpass Senen Extension? Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, progres pembangunan proyek tersebut sudah mencapai 74%. Dalam proses pembangunannya itu, Dinas Bina Marga juga berniat untuk mempercantik Underpass Senen Extension dengan ornamen khas Betawi.

Selain itu, ornamen yang merepresentasikan budaya Betawi juga akan menghiasi fasilitas pendukung lainnya seperti, halte dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Underpass Senen Extension. Hari mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) untuk mengakomodasi nilai-nilai kearifan lokal khususnya budaya Betawi di setiap infrastruktur yang dibangun.

"Kami setiap membangun atau membuat suatu infrastruktur itu pasti tetap mengakomodasi kearifan lokal, salah satu bentuknya ornamen Betawi," ungkap Hari, Rabu (02/9/2020).

Hari membeberkan, nantinya Underpass Senen Extension akan menggunakan motif sopi-sopi dan Pagar Langkan Betawi. Kemudian rumah lift di JPO Pasar Senen yang terletak di depan Bioskop Senen akan menggunakan motif Tumpal, sedangkan JPO Jalan Senen Raya akan dihias dengan ornamen gigi balang.

"Setelah melakukan komunikasi dengan LKB, sopi-sopi dan pagar langkan, itu representasi budaya Betawi juga," jelasnya.

Dia mengatakan, usaha ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya Betawi. Selain sarat akan budaya Betawi, kata Heri, JPO Jalan Raya Senen juga akan dihias dengan lampu RGB yang bisa mempercantik tempat dengan warna-warni lampunya.

"JPO ini menambah satu lagi JPO kekinian di Jakarta, yang dapat mencuri perhatian. Lampu-lampunya RGB seperti di Sudirman yang bisa menampilkan seratus warna," tutur Hari.

Penulis: Akmal

Baca Juga