Cek Rekening BCA Kalian, Bantuan Subsidi Upah Tahap II Pekerja Formal Sudah Cair…

Beritakota.id, Jakarta - Ditunggu-tunggu dari tahap pertama kemarin, akhirnya calon penerima yang memiliki rekening di Bank BCA telah menerima bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. Cairnya bantuan lewat Bank BCA menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pekerja yang selama ini menabung di bank tersebut.

Sebelumnya, di tahap pertama Bank BCA tak kunjung ada penyaluran dana subsidi upah sebesar Rp600 ribu per bulan itu. Namun, ternyata penyaluran BSU atau BLT tersebut baru masuk di tahap kedua. Program subsidi upah pekerja formal dengan gaji di bawah Rp5 juta, bank BCA paling banyak diperbincangkan di media sosial (medsos).

Perbincangan tersebut ialah kapan BLT disalurkan melalui bank BCA. Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengunggah video penyaluran BSU atau BLT tahap kedua pada Selasa, 1 September 2020. Dalam video berjudul SUBSIDI GAJI/UPAH TAHAP II SEGERA CAIR tersebut, Kemnaker menjawab kerisauan masyarakat terhadap program subsidi upah pekerja gaji di bawah Rp5 juta yang mempunyai rekening BCA.

“Program subsidi upah tahap pertama sudah 2,5 juta. Hari ini kami terima data untuk tahap kedua yakni sebesar 3 juta. Prosesnya masih sama, setelah kami terima data dari BPJamsotek, kemudian dicek dan ricek. Setelah selesai, kami serahkan ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) dan dari sana langsung digelontorkan ke bank Himbara sebagai penyalur untuk ditransfer ke masing-masing rekening pekerja,” ujar Menaker Ida.

Kolom komentar unggahan video Kemnaker itu pun akhirnya ramai dibanjiri komentar netizen terkait waktu penyaluran subsidi upah di bank swasta tersebut:

“Alhamdulillah, BCA sdh cair guys. Padahal siang dicek blom ada. Iseng abis isya ngecek LG udh masuk," tulis akun Instagram @yatidesy. "Alhamdulillah BCA cair????," tulis akun instagram @firmanariek.

"Alhamdulillah terima kasih pemerintah???????? subsidi gaji sudah cair.. lumayan buat tambahan modal jualan," tulis akun instagram @jasmine.arie28. Tak hanya ramai di Instagram, hal tersebut diperkuat lagi kesaksian seorang pekerja, penerima BLT Rp600 ribu yang menggunakan rekening bank BCA.

Penulis: Akmal

Baca Juga