Terkait Pengadaan RTH, Wali Kota Bandung Diperiksa KPK

Beritakota.id, Jakarta -  Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial, diperiksa KPK berkaitan dengan kasus ruang terbuka hijau (RTH). Pemeriksaan Oded dilakukan di markas Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (4/9/2020).

Usai diperiksa, Oded mengatakan bahwa pemanggilannya kali ini menjelaskan tentang mekanisme pembahasan perencanaan anggaran di Kota Bandung.

"Yang pertama tupoksi dewan seperti biasa itu, kemudian bagaimana proses pembahasan anggaran dulu dan yang lainnya. Kemudian ditanya juga apakah kenal dengan nama Pak Dadang," ujarnya, Rabu (2/9/2020).

Oded menjelaskan, sebanyak 5 pertanyaan dilontarkan penyidik KPK. "Saya tadi diperiksa sebagai saksi dan dimintai keterangan atas RTH di Kota Bandung. Pertanyaannya gak banyak, sekitar lima atau enam pertanyaan," tutur Oded.

Oded diperiksa atas tersangka Dadang Suganda. Ketika ditanya mengenai Dadang Suganda, Oded mengaku mengenalinya.

"Saya kenal Pak Dadang. Kenalnya karena setiap orang kenal Pak Dadang. Cuman kenalnya di acara-acara umum," jelasnya. Ia mengatakan, bahwa dirinya telah menyampaikan semua hal kepada penyidik. "Pokoknya sudah saya sampaikan semua hal yang saya tau. Kita menganggarkan, saya kira memang secara normatif menganggarkan, semua juga sepakat," ujarnya.

Sebelumnya, penyidik KPK telah memeriksa beberapa saksi terkait kasus dugaan korupsi terkait pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Pemkot Bandung pada 2012.

Penulis: Dadang

Baca Juga