Sekilas Info

Presiden AS Donald Trump dan Istrinya Positif Covid-19

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump beserta istrinya, Melania Trump

Beritakota.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa dirinya dan Ibu Negara, Melania Trump, dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Presiden Trump mencuit di akun Twitternya pada pukul 00.54 Waktu Amerika bagian Timur (Eastern Daylight Time), Jumat (2/10): “Malam ini, @FLOTUS dan saya terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19. Kami segera memulai karantina dan proses pemulihan. Kami akan melalui ini bersama” cuit Trump.

Sebelas menit kemudian, Gedung Putih merilis memo dari dokter kepresidenan, Dr. Sean Conley, yang mengkonfirmasi hasil tes positif untuk pasangan Trump.

“Presiden dan Ibu Negara dalam keadaan baik saat ini, dan mereka berencana untuk tinggal di rumah di dalam lingkungan Gedung Putih selama masa pemulihan,” ujar Conley.

Dokter berusia 74 tahun itu menambahkan bahwa dia memperkirakan Trump “masih bisa menjalankan tugas-tugasnya tanpa gangguan sambil pemulihan, dan saya akan terus memberikan informasi mengenai perkembangan lebih lanjut.”

Melania Trump mencuit pada pukul 01.27 dini hari waktu setempat: “Seperti yang telah dilakukan oleh banyak warga Amerika tahun ini, @potus & Saya akan menjalani karantina mandiri di rumah setelah dinyatakan positif Covid-19. Kami merasa baik & Saya telah menunda beberapa acara mendatang. Tolong pastikan anda aman & kita akan melalui ini bersama-sama.”

Menurut seorang pejabat Gedung Putih, semua acara-acara politik Trump dalam waktu dekat diperintahkan untuk segera dibatalkan.

Berita itu sontak mengakibatkan bursa saham Amerika Serikat anjlok dan berpotensi membuat kampanye Trump mandek. Hal itu terjadi tak sampai sebulan sebelum pemilihan presiden melawan mantan wakil presiden Joe Biden, yang sejauh ini memimpin jajak pendapat nasional.

Penulis: Akmal

Baca Juga