Diduga Terpapar Covid-19, Presiden Bulgaria Isolasi Diri di Estonia

Presiden Bulgaria Rumen Radev
Presiden Bulgaria Rumen Radev

Beritakota.id, Jakarta-  Presiden Bulgaria segera mengisolasi diri saat ia mencurigai bahwa dirinya terpapar virus corona setelah melakukan kunjungan resmi ke Tallinn, Ibukota Estonia, kemarin, Selasa (20/10).

Para pejabat mengabarkan Rumen Radev mengunjungi sebuah pertemuan di forum investasi setelah tiba dari negara bagian Baltik pada hari Senin.  Tayangan langsung acara konferensi Inisiatif Tiga Laut menunjukkan Radev saat berada di panel, berdiri dekat dengan kepala negara Polandia dan Estonia, dan tidak ada yang mengenakan masker.

"Diketahui kemarin sore bahwa sebelum tiba di Estonia, Presiden Radev telah melakukan kontak dengan orang yang positif Covid-19," kata Presiden Estonia Kersti Kaljulaid melalui akun Facebook saat mendeegar kabar Radev mengisolasi diri.

Ia melanjutkan, walau telah dites negatif, Radev merasa dirinya perlu untuk isolasi diri. "Setelah diiinformasikan beliau telah tiba di Estonia, semua tindakan yang diperlukan dilakukan. Sementara delegasi Bulgaria mengisolasi diri di hotel," tambah Kaljulaid.

Para pejabat Bulgaria mengatakan, kondisi Radev sejauh ini sehat dan tidak menunjukkan gejala. Sambil mengisolasi diri, Radev menunggu hasil tes Covid-19.

"Sejak awal krisis Covid-19, dia terus menerus melakukan kontak dengan ribuan warga di seluruh negeri," ujar salah seorang pejabat, seperti dikutip dari RTL

Penulis: Solihin

Baca Juga