Komodo Hadang Truk Proyek Pembangunan Geopark

Komodo berhadapan dengan truk proyek bangunan Wisata Jurassic di Pulau Rinca.(Twitter)

Beritakota.id, Jakarta - Proyek pembangunan geopark tampak mulai digalakan di Pulau Rinca, salah satu pulau yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo (TNK).

Hal itu tampak dalam beberapa unggahan gambar di media sosial Twitter. Foto aktivitas pembangunan di taman nasional yang ditetapkan sejak 1980 dan untuk melindungi satwa Komodi atau Varanus Komodoensis itu pertama kali diunggah akun @KawanBaikKomodo, Jumat (23/10/2020) malam.

Dari foto itu, aktivitas pengembangan proyek geopark itu pun tidak cukup berjarak dengan satwa yang dilindungi tersebut. Bahkan dalam sebuah foto tampak kadal terbesar di dunia itu berada hanya jarak dalam beberapa meter dari bagian depan sebuah truk yang membawa meterial proyek.

"Sedih! Komodo berhadap-hadapan dengan truk proyek bangunan Wisata Jurassic di Pulau Rinca. U pertama kalinya Komodo2 ini mendengar deru mesin2 mobil dan menghirup bau asapnya. Akan spt apa dampak proyek2 ini ke depannya? Masih adakah yg peduli dg konservasi?" demikian tulis akun @KawanBaikKomodo.

Penulis: Akmal

Baca Juga