Jakarta Dinobatkan Kota Terbaik Dunia dalam Sustainable Transport Award 2021

LRT
LRT

Beritakota.id, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa Jakarta terpilih sebagai kota terbaik di dunia dalam ‘Sustainable Transport Award 2021".

Kabar itu disampaikan Anies lewat akun Instagram @aniesbaswedan, Sabtu (31/10/2020). Dia menulis bahwa penghargaan itu diberikan atas kemajuan sistem transportasi publik dan mobilitas suatu kota. Kemenangan Jakarta semalam diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020.

“Ini kemenangan Jakarta yang kedua, tahun lalu juara dua. Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo,” tulis Anies.

Sustainable Transport Award (STA) adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite juri yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI).

Menurut Anies, dalam setahun terakhir jajaran Pemprov DKI, BUMD dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta.

Dia mencontohkan, perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik.

“STA 2021 ini adalah kemenangan warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC,” ujar Anies.

Peningkatan pesat jumlah pengguna transportasi publik Jakarta bahkan sempat mencapai rekor baru 1 juta pelanggan harian TransJakarta pada Februari lalu sebelum pandemi.

“Pandemi tahun ini memang memaksa kita beradaptasi, dengan pembatasan kapasitas transportasi publik dan protokol kesehatan ketat. Tapi positifnya pada saat pandemi ini, pesepeda di kota Jakarta justru meningkat pesat,” katanya.

Penulis: Ahmad Fadli

Baca Juga