Hobi Gowes, Ayo Gabung di Salonpas Virtual Ride 2020 Selama 17 Hari

Salonpas sebagai koyo pereda nyeri otot bagi masyarakat untuk menggelar Salonpas Virtual Ride 2020 yang bertemakan “Challenge Yourself to Keep Moving” ini akan dilaksanakan selama 17 hari, mulai dari 20 November – 6 Desember 2020.

Beritakota.id, Jakarta -  Olahraga sepeda kini kian digandrungi di tengah masa pembatasan sosial berskala besr (PSBB). Melihat antusias masyarakat bersepeda mendorong Salonpas sebagai koyo pereda nyeri otot bagi masyarakat untuk menggelar Salonpas Virtual Ride 2020 yang bertemakan “Challenge Yourself to Keep Moving” ini akan dilaksanakan selama 17 hari, mulai dari 20 November – 6 Desember 2020. Peserta dapat mulai bersepeda dengan jarak total 100 km dalam jangka waktu tersebut di manapun, baik di dalam maupun di luar Indonesia.

“Melalui event ini, Salonpas tak hanya menggelar acara bersepeda, tapi juga sekaligus memberi edukasi bahwa olahraga itu tidak boleh memaksakan diri. Harus melakukan pemanasan, dan selalu tahu kapan harus istirahat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Lalu kami harap event ini juga bisa menjadi inspirasi untuk para pesepeda baru, bahwa 100km bukan hal yang tak mungkin dijalani, asal dilakukan dengan benar,” jelas Desy Setiarini, selaku Product Manager Salonpas Sport Indonesia.

Peserta Salonpas Sport Virtual Ride wajib menyelesaikan ride dengan jarak 100 km sesuai dengan kategori yang telah dipilih untuk bisa mendapatkan Finsiher Medals. Namun, kategorinya  beragam. Dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan serta batasan masing-masing peserta.

Ada kategori Fun, yang mengharuskan peserta menyelesaikan perjalanan berjarak 100 km dalam 9 aktivitas bersepeda (8 kali bersepeda 10 km, dan 1 kali bersepeda 20 km). Lalu kategori Move, untuk perjalanan berjarak 100 km dalam 6 aktivitas bersepeda (5 kali bersepeda 15 km, dan 1 kali bersepeda 25 km). Kategori terakhir adalah Unstoppable, jarak total 100 km yang ditempuh dalam  2 kali  bersepeda 30 km dan sekali bersepeda dalam jarak 40 km.

Dan bagi peserta yang akan melakukannya di dalam rumah, mereka dapat menggunakan smart trainer yang terhubung dengan beragam aplikasi olahraga seperti Garmin, Suunto, Polar, RunKeeper, MapMyRun, Ride, Walk  maupun UnderArmour.

Dari sisi kesehatan olahraga, konsep multi kategori dalam kegiatan bersepeda ini memang sudah sangat tepat. Terlebih ketika para pesertanya terbuka dari berbagai usia dan kemampuan. “Intinya, kenali kemampuan diri. Tak kenal diri sendiri itu pangkal cedera. Langkah pertama inilah yang dapat dilakukan para peserta Salonpas Sport Virtual Ride dalam pemilihan kategori riding. Pilihlah kategori yang sesuai dengan kemampuan kita. Jangan lupa, set up sepeda yang baik, melakukan teknik bersepeda yang benar, jaga fleksibilitas dan mobilitas sendi dan alat gerak, serta tahu kapan harus istirahat.

“Kita harus melatih diri kita dengan bijaksana, bukan melatih diri dengan keras dan sekencang-kencangnya, karena justru akan memicu terjadinya cedera. Train smart, not hard,” papar dr. Sophia Hage, SpKO, yang terkenal sebagai dokter kesehatan olahraga.

Misi edukasi tak hanya tergambarkan pada konsep event saja. Untuk memastikan bahwa para peserta sudah melakukan persiapan sebelum mengikuti Salonpas Sport Virtual Ride,  Salonpas bekerjasama dengan Runhood Performance juga menyediakan coaching clinic gratis untuk peserta sebanyak tiga kali. Kegiatan ini langsung dilatih oleh Johnny Tieu, pelatih fisik kelas dunia dengan segudang pengalaman di Amerika Serikat dan Hong Kong.

Vidi Aldiano, penyanyi papan atas negeri ini yang mulai aktif bersepeda pun angkat suara tentang ketertarikannya terhadap event ini. “Dalam bersepeda, aku termasuk newbie ya. Cuma karena aku rutin bersepeda, skill dan staminaku lama-lama terlatih juga. Jadi memang nggak ada kata nggak mungkin sih. Untuk teman-teman yang memang ingin bersepeda, yang penting itu sering-seringlah latihan, tanya kepada yang sudah ahli tentang bagaimana pemanasan, bike fitting, sampai pencegahan cederanya. Lalu sering-sering juga ikut event seperti ini, buat mengukur kemampuan aja. Yang penting tujuannya sehat, terus bisa dapat medali!” ujarnya penuh semangat.

Event ini akan berlangsung selama 17 hari, mulai dari 20 November – 6 Desember 2020, dengan dukungan platform VRace dari SportHeroes. Pendaftaran akan ditutup pada 6 November 2020.

Penulis: Ahmad Fadli

Baca Juga