Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

JOKOWI HUT RI KE 75
JOKOWI HUT RI KE 75

Beritakota.id, Jakarta - Presiden Jokowi dijadwalkan menjadi inspektur upacara di peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, pada Hari Pahlawan 10 November 2020.

Upacara tersebut akan dihadiri Wapres Ma`ruf Amin dan didampingi oleh Mensos Juliari Batubara.

Selain upacara di TMP, akan ada acara tabur bunga di Teluk Jakarta sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari Pahlawan.

"Lalu upacara tabur bunga di laut, di perairan Teluk Jakarta. Pada tanggal 10 November 2020, jam 8 pagi dengan inspektur upacara Ketua DPR RI dan cadangan salah satu Wakil Ketua DPR," ucap Jualiari Batubara.

Setelah itu, rangkaian acara akan dilanjutkan dengan pemberian gelar pahlawan nasional di Istana Negara. Total, ada enam calon penerima gelar pahlawan nasional dari seluruh Indonesia, yaitu:

Sultan Babullah dari Maluku Utara

Mahmud Singgirei Rumagesan dari Papua Barat

Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dari DKI Jakarta

Arnold Mononutu dari Sulawesi Utara

Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara

Raden Mataher bin Pangeran Kusim bin Adi dari Jambi

"Ini memang Maluku Utara dan Papua Barat belum pernah memiliki pahlawan nasional. Jika tidak ada perubahan, insyaAllah kedua pahlawan ini (Sultan Babullah dan Mahmud Singgirei Rumagesan) akan diberi gelar pahlawan nasional tahun ini," lanjut Juliari.

Selama peringatan Hari Pahlawan, juga akan dilakukan hening cipta selama 60 detik dengan membunyikan sirine. Karena masih di tengah pandemi COVID-19, Kemensos juga telah menyiapkan sejumlah acara daring untuk memperingati Hari Pahlawan.

Penulis: Akmal

Baca Juga