Pemanfaatan TIK oleh Masyarakat dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif

Beritakota.id, Jakarta -  Anggota Komisi I DPR RI, Dede Indra Purnama menyampaikan pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi (TIK) harus dimanfaatkan secara baik, dalam arti tepat guna, aman sesuai etika pengguna internet di Indonesia.

Ia mengatakan, dari data BPS populasi masyarakat Indonesia yang mencapai 275 juta penduduk dengan penggunaan nomor selular mencapai 338 juta. “Dari sekian banyak sim card yang beredar ternyata pengguna internet di seluruh masyarakat itu ada 175 juta atau 64 persen sudah pakai internet dan hampir 60 persen itu paket menggunakan sosial media, artinya sudah banyak di Indonesia ini termasuk yang paling cepat pertumbuhan internetnya,” ujarnya dalam acara BAKTI Kominfo Live Streaming bertemakan “Pemanfaatan TIK oleh masyarakat dengan Cerdas, Kreatif, dan Produktif (CAKAP) belum lama ini.

Lanjutnya, Indonesia sudah selesai membangun palaparing yaitu kabel broadband, tahun lalu selesai dibangun oleh Presiden Joko Widodo untuk infrastruktur besarnya itu sudah selesai dibangun tinggal yang kecil-kecil saja. Saat ini tinggal menunggu supaya seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan sampai Pulau Rote semua rata sama internet berkecepatan.

Sementara itu, Dimas Aditya Nugraha, Kasubdit Audio Visual dan Media Sosial Direktorat Pengelolaan Media menyampaikan dari arahan Presiden Joko Widodo memberikan instruksi supaya percepatan transformasi digital, Perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyajian layanan internet, persiapan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis baik di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, Perdagangan, industri, maupun penyiaran.

Percepat pusat dan nasional, siapkan kebutuhan SDM talenta digital, yang berkaitan dengan regulasi skema pendanaan dan pembiayaan segera disiapkan secepat-cepatnya,”tandasnya

Penulis: Fadli

Baca Juga