Tingkatkan SDM Unggul, SOKSI Gelontorkan 1000 Beasiswa Sarjana

Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) pada hari ini, Senin (23/11) meluncurkan Program Beasiswa Nasional 1000 Sarjana di Kampus Akademi Kampus Akademi Teknik Informatika Tunas Bangsa, Jakarta.

Beritakota.id, Jakarta -  Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) pada hari ini, Senin (23/11) meluncurkan Program Beasiswa Nasional 1000 Sarjana di Kampus Akademi Kampus Akademi Teknik Informatika Tunas Bangsa, Jakarta.

Program beasiswa ini merupakan kolaborasi antara Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI pimpinan Ketua Umum Ali Wongso Sinaga dengan berbagai Perguruan Tinggi antara lain: STIE IBMT Surabaya, Akademi Teknik Informatika Tunas Bangsa Jakarta; Universitas Halim Sanusi Bandung ; Akademi Parwisata Nusantara, Tangerang Banten; dan LPK Akademi Pariwisata Nusantara Lampung.

Dalam sambutan pengantarnya, Ketua Umum Ali Wongso Sinaga mengatakan, Soksi sangat mengapresiasi kelima perguruan tinggi ini yaitu telah bersinergi dengan elemen bangsa salah satunya Soksi untuk meningkatkan SDM agar semakin berkualitas dan membawa bangsa ini semakin terdepan diera globalisasi.

“Diperlukan kerjasama dan kolaborasi seperti ini untuk memberikan kontribusi meningkatkan investasi manusia Indonesia. Karena kunci utama kemajuan sebuah bangsa terletak pada SDM nya. Belajar dari pengalaman berbagai negara, ada negara yang sunber daya alamnya berlmpah, tetapi karena SDM nya lemah maka sulit dikelola. Sebaliknya ada negara yang tidak mempunyai sumber daya alam tetapi unggul dalam SDM sehingga negara tersebut bisa maju”, ujar Ali Wongso dalam sambutan pengantarnya.

Kader senior Partai Golkar ini juga mengatakan, kelima perguruan tinggi ini patut menjadi teladan bagi perguruan tinggi di indonesia, dalam menerapkan nilai-nilai pancasila untuk percepatan pembangunan sumber daya manusia indonesia sebagai pencerdasan kehidupan bangsa seluas-luasnya selaras amanat alinea ke 4 pembukaan uud 1945 menuju masa depan bangsa indonesia, masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila.

“Soksi berharap sinergi perguruan tinggi bersama ormas seperti ini akan merupakan laboratorium pencerdasan kehidupan bangsa yang melahirkan anak-anak bangsa dari segala kalangan dengan kecerdasan intelektual sekaligus kecerdasan emosional dan  sosial  serta profesional kedepan, sebab dengan anak-anak bangsa yang demikianlah mampu menjadi agen pembangunan dan pembaharuan yang tanggap, tangguh, trengginas dalam mewujudkan cita-cita bangsa”, ujar Ali Wongso.

Ali Wongso menambahkan, bagi Soksi, program beasiswa 1000 sarjana ini juga sekaligus menegaskan kembali dukungan soksi kepada kepemimpinan nasional bapak presiden jokowi , dimana soksi ini yang legal dari Kepmemkumham RI mendukung Bapak Jokowi sejak pemilu 2014  dan memastikan bahwa Soksi ini konsisten hingga masa kepemimpinan presiden jokowi tahun 2024 mendatang.

Senada dengan Ali Wongso Sinaga, Ketua Depinas Soksi bidang Pendidikan, Dr. Ilyas Indra mengatakan, sesungguhnya niat baik dari program 1000 sarjana ini adalah berangkat dari latarbelakang permasalahan soal pendidikan di Indonesia yang rata–rata belum sampai 8 tahun, masih 7 tahun.

“Ada sebuah riset yang kami lakukan mengapa setiap tahun hanya 20 persen lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tinggi, jawabannya sama semua yaitu karena persoalan biaya. Ini yang kemudian menjadi inspirasi bagi Soksi untuk merangkul banyak perguruan tinggi untuk bisa berkolaborasi memberikan beasiswa yang terjangkau bagi masyarakat. Soksi memberikan beasiswa hampir 80 persen bagi masyarakat”, tegas Ilyas.

Penulis: Fadli

Baca Juga