Bos MCI Optimistis Targetkan Top 10 MLM di Dunia

Beritakota.id, Jakarta - Dimasa pandemi seperti saat ini banyak pelaku usaha yang harus gulung tikar akibat imbas dari tidak bisa menjalankan usahanya. Tetapi ada yang unik ditengah terpuruknya berbagai bidang usaha ternyata ada juga pelaku usaha yang bisa bertahan.

Usaha yang masih bisa tumbuh dimasa pandemi contohya seperti pelaku usaha di bisnis atau industri diirect selling atau multi level marketing. Millionaire Club Indonesia (MCI) adalah salah satu contoh MLM yang bisa bertahan di masa pandemi saat ini.

Sepuluh tahun MCI mengelola bisnis MLM secara profesional ternyata bisa membuktikan kepada masyarakat bahwa MCI mampu bertahan dan tumbuh walaupun dimasa pandemi.

Melihat kesuksesan MCI yang merupakan perusahaan lokal Indonesia ini, ternyata ada sosok pria muda yang smart (cerdas) juga tampan, dia adalah Wilson Mandala Putra yang merupakan CEO MCI. Mendirikan perusahaan MLM di usianya yang tergolong masih muda membuat MY INCOME penasaran ingin menggali informasi bagaimana Wilson sapaan akrabnya ini, bisa menjalankan usahanya sampai saat ini dan berhasil meraih banyak penghargaan. Ada beberapa pertanyaan yang MY INCOME lontarkan kepada pengusaha muda Wilson Mandala Putra saat ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

“Sejak SMP saya sering ikut acara seminar multi level marketing, dan sejak SMP saya juga sudah sempat jualan ke taman-teman ya, tidak ada yang beli sih, hanya iseng-iseng saja.
Namanya masih anak kecil segitukan masih senang main-main, kalau ada yang beli ya ok, kalau tidak ada ya sudah. Saya pertama kali ikut multi level marketing itu sejak SMA,” ucap Wilson di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Berikut petikan wawancara redaksi MY INCOME dengan CEO MCI Wilson Mandala Putra di hotel Kempinski, Jakarta :

Bagaimana proses lahirnya perusahaan MCI ?

Banyak yang sudah mendengar kisah inspiratif dari Amazon, Google, dan lain-lain.
Mereka bermula dari garasi dan sekarang bisa menjadi perusahaan yang bisa dibilang terbesar. Saya dulu memulai bisnis MCI bersama partner saya dari ruang kantor yang kecil, itupun masih sewa. Berawal dari ide kami berdua yang memang terjun di bidang marketing, kami memberikan ide-ide terbaik kami dan memolesnya selama beberapa bulan sampai menjadikan sistem bisnis yang revolutioner. Dan beruntung sekali saya dan partner saya bisa bekerjasama dengan baik juga bersama dengan team-team leader yang berkontribusi bersama-sama sehingga MCI bisa mencapai posisi seperti saat ini.

Bisa diceritakan tentang bisnis MCI saat ini dan jenis produk apa yang di tawarkan ?

MCI adalah sebuah multi level marketing yang digagas dan lahir secara original (asli) dari Indonesia, yah. cukup membanggakan MLM asli Indonesia saat ini juga bisa diperhitungkan bersaing dengan MLM dari luar negri. Produk kami pun saat ini bermacam-macam, total mungkin ada 30 lebih item. Diantaranya adalah suplemen kesehatan dan kecantikan, serum kosmetik, beauty equipment, dan aksesoris untuk kesehatan.

Sebutkan juga prestasi atau penghargaan apa saja yang sudah berhasil diraih oleh MCI ?

Sudah 10 tahun lebih MCI berkarya di Indonesia, sudah puluhan penghargaan telah kami terima baik dari organisasi-oraganisasi penghargaan Indonesia, rekor MURI, penghargaan dari Vietnam, Korea, sampai dengan TOP BRAND dan penghargaan dari PBB juga pernah kita dapatkan. Sungguh jika mengingat pencapaian-pencapaian ini, saya bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh keluarga besar MCI yang telah berkontribusi bersama-sama untuk mencapai semua ini.

Siapakah tokoh yang menjadi motivasi Anda dan quote yang paling berkesan bagi perjalanan bisnis Anda ?

Partner saya di bisnis ini adalah salah satu orang yang menginspirasi saya, yaitu pak Hendra Thiemaillattu.
Selain itu saya juga termotivasi dengan Pak Tung Desem Waringin. Kedua orang ini memiliki ide-ide yang luar biasa dan pengetahuan yang luas. Quote (kutipan) yang semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk sukses, bahkan orang yang paling sederhana sekalipun.

Benchmark MLM kerap kali diidentikan dengan money game, agaimana Anda menyikapi hal tersebut dan merubah mindset itu?

Saat ini pemerintah juga menaruh perhatian lebih terhadap usaha MLM, bahkan kemarin Mentri Perdagangan menyampaikan bahwa MLM saat ini berkontribusi untuk pulihkan perekonomian Indonesia. Sehingga pemerintah juga memberikan batasan-batasan yang sangat jelas untuk membedakan money game dan MLM. Sudah banyak perusahaan sejenis yang tidak mengantongi ijin langsung di tutup secara tegas oleh pemerintah.

Jadi pemikiran-pemikiran yang jelek tentang MLM saat ini sudah jauh lebih baik daripada 10 tahun yang lalu. Perjuangan memulihkan nama baik MLM ini kami suarakan bersama-sama di dalam Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI ) yang sekarang telah membuahkan hasil hingga terdengar dan mendapatkan atensi dari pemerintah.

Selain itu, MCI juga menjaga nama baik dengan selalu memberikan apa yang pernah kami janjikan kepada semua mitra kerja (member/ distributor) kami. Dan hal ini bisa terlihat dari kinerja kami selama 10 tahun lebih hingga mendapat penghargaan Best Service Excellence (keunggulan layanan terbaik).

Menurut Anda kunci sukses berbisnis MLM seperti apa ?

Untuk sukses di MLM, yang perlu dilakukan adalah :

Love, cintai pekerjaan Anda seutuhnya.
Share, berbagi cinta dan perhatian kepada orang lain yang membutuhkan solusi dari kita.
Teachable, jadilah orang yang mengosongkan gelas pikiran Anda.
Karena ada orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing. Ikutilah arahan dari sponsor Anda, sebagai orang yang lebih awal bergabung dan tahu lebih banyak dari Anda.

Duplikasikan upline leader aktif Anda dan duplikasikan support system-nya.
Sebagai CEO MCI, boleh mungkin disebutkan berapa penghasilan Anda ?

Hahaha, saya merasa kurang etis jika menyampaikan berapa penghasilan saya.

Di tengah pandemi ini bagaimana market penjualan MLM khususnya bisnis MCI ?

Pada saat pandemi, bisnis MLM banyak yang terdampak minus dan ada juga yang malah terdampak naik.

Bersyukur MCI termasuk MLM yang terdampak secara positif, kamarin kita 2 bulan menyentuh omset tertinggi sepanjang sejarah MCI berdiri di masa-masa pandemi. Ini berarti omzet di saat pandemi mengalahkan omzet pada saat normal.

Tentu saja pola konsumsi dan pikir masyarakat mengalami perubahan di saat pandemi seperti sekarang ini, masyarakat saat ini cenderung untuk menyimpan uang mereka dan membatasi pengeluaran karena mereka tidak tahu dan merasa tidak aman dengan keadaan pandemi yang tidak tahu kapan bisa usai. Mindset terhadap kesehatan makin baik, sehingga pola hidup sehat maupun konsumsi vitamin maupun supplement juga meningkat. cara pembelanjaan pun saat ini beralih ke online, yang membuat banyak pedagang offline saat ini gulung tikar.

Bagaimana strategi Anda menghadapi keadaan pasar yang berubah saat ini ?

Memberikan support dan fasilitas untuk acara-acara online kami, dan juga menggembangkan ide gagasan baru yang berubah sesuai dengan keadaan lingkungan kami. Di lain sisi, saat ini bisnis properti makin terpuruk. Ini saat yang tepat bagi kami untuk membeli tanah yang akan kami jadikan MCI Tower, karena kami tahu pandemi ini tidak selamanya. Dan pada saat pandemi berlalu. Kami sudah memiliki MCI Tower yang lengkap dengan semua fasilitas yang menunjang seuruh mitra kerja kami.

Bagaimana Anda dan team work mensinergikan program perusahaan ?

Saya dan partner saya memiliki cara kerja yang unik dan memiliki keunggulan di bidangnya masing-masin sehingga program-program kami bisa saling disempurnakan satu dengan yang lain. Dan kami juga memiliki team manajemen yang solid yang sudah 10 tahun ikut bekerja bersama kmi sejak awal dan mengenal cara kerja kami, sehingga tidak sulit untuk menjalankan program-pogram yang kami berikan.

Harapan Anda dalam bisnis ini kedepannya seperti apa ? dan target yang belum dicapai apa saja, bagaimana Anda mewujudkan hal tersebut?

Kami ingin memperluas jaringan MCI di seluruh dunia dan menjadi top 10 MLM dunia. Kami telah membuka satu per satu cabang-cabang kami di luar negri dan sambil kami membenahi sistem-sistem di setiap negara yang dituju.

Saran apa yang bisa Anda berikan kepada masyarakat yang ingin masuk bergabung ke bisnis MLM ?

Pastikan Anda memilih MLM yang tepat, karena Anda akan membuang waktu dan kepercayaan ketika Anda berganti-ganti perusahaan. Karena itu pilihlah MLM yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun, dan memiliki legalitas yang jelas secara hukum. Kerjakan dengan disiplin dan sabar.

Pilihlah MLM yang memilki support system yang terbukti melahirkan banyak orang sukses dari berbagai latar belakang.

Penulis: Akmal

Baca Juga