Hari Menanam Pohon, Astra Gelar Festival Lingkungan

Beritakota.id, Jakarta - Sebagiann besar masyarakat yang harus beraktivitas di rumah akibat pandemi COVID-19 mulai membiasakan diri dengan adaptasi kebiasaan baru. Berkebun dan menanam pohon menjadi salah satu pilihan untuk mengisi kegiatan selama di rumah. Akibat terjadi perilaku masyarakat tersebut, penjualan tanaman di berbagai daerah meningkat secara signifikan.

Apabila kebiasaan baru menanam pohon ini berkelanjutan, gerakan bersama masyarakat tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi masalah lingkungan yang terjadi di sekitar kita.

Gerakan mengatasi masalah lingkungan juga dilakukan oleh Astra, yang merupakan bagian dari ekosistem Indonesia dan senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan bangsa melalui program kontribusi sosial berkelanjutan, salah satunya di bidang lingkungan. Sejalan dengan gerakan tersebut, Astra (28/11) mengadakan Festival Lingkungan Astra 2020 dengan tema “Eco-Youth Generation”.

Festival tersebut bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia. Melalui kegiatan ini, Astra tidak hanya ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, tetapi mengajak generasi muda untuk mulai peduli terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan yang bisa berdampak besar.

“Melalui kegiatan ini, Kami ingin mengajak masyarakat terutama untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan lainnya dengan menanam pohon dan mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Dalam festival yang diadakan secara virtual, turut hadir Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nandang Prihadi, dan tokoh lingkungan dan konservasi energi Indonesia Ir. Tri Mumpuni.

Eco-Youth Generation
Sesuai dengan tema acara, Astra menghadirkan penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2019 bidang lingkungan Maya Stolastika, para aktivis muda yang bergerak di bidang lingkungan seperti Co-Founder Rebricks Novita Tan dan Co-Founder #SayaPilihBumi Diky Wahyudi Lubis untuk membahas diskusi tentang menciptakan milenial menuju generasi minim sampah plastik dan konservasi konservasi melalui channel YouTube SATU Indonesia.

Para narasumber menjelaskan kontribusinya dalam melestarikan lingkungan melalui program yang telah dijalankannya.

Penanaman Pohon
Astra telah melaksanakan beberapa program yang berkaitan dengan bidang lingkungan, di antaranya adalah penanaman lebih dari 5 juta pohon sejak tahun 2008 di berbagai wilayah di Indonesia, Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara atau disingkat Pranaraksa yang telah berhasil mengonservasi 208 jenis bibit pohon dan endemik lokal di Indonesia.

Pembinaan 116 Kampung Berseri Astra di 34 Provinsi dimana sebagian mengangkat tema desa lingkungan dan iklim yang juga sejalan dengan program yang dijalankan pemerintah Indonesia serta pengembangan 753 Desa Sejahtera Astra (DSA) di 34 provinsi di Indonesia.

Salah satunya adalah DSA yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah, yang saat ini merupakan daerah penghasil minyak atsiri yang terbuat dari ekstrak berbagai macam tumbuhan yang tidak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Semangat Kurangi Plastik
Astra juga menginisiasi program Semangat Kurangi Plastik yang diterapkan baik di internal Grup Astra maupun di masyarakat binaan Astra. Melalui program ini, Astra berhasil mereduksi 8,7 ton plastik dan lebih dari 49 ton plastik di internal Grup Astra; serta lebih dari 360 ton sampah plastik di masyarakat melalui 70 bank sampah binaan Astra selama tahun 2020.

Program-program tersebut dirancang sebagai bentuk kepedulian Astra dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam sekaligus mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) dan program-program pemerintah di bidang lingkungan.

Kontribusi Astra dalam menciptakan generasi muda untuk melestarikan lingkungan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Baca Juga