Jokowi Tegaskan Vaksin Covid-19 di Indonesia Aman dan Dapat Izin EUA BPOM

Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Beritakota.id, Jakarta- Program vaksinasi Covid-19 bakal segera dimulai Pemerintah. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamin, vaksin yang akan digunakan aman lantaran telah melalui serangkaian proses pengujian.

"Sekali lagi ini saya tegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia adalah vaksin yang telah diuji melalui penelitian di berbagai negara, terbukti aman," kata Jokowi saat memberikan sambutan virtual dalam HUT PDI-P ke-48, Minggu (10/1/2021).

Jokowi memastikan, vaksin yang akan digunakan adalah vaksin yang telah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM).

Saat ini, pemerintah masih menunggu BPOM menerbitkan EUA. Diperkirakan, EUA terbit pada pekan depan.

"Kami ingin vaksinasi ini dimulai secepat-cepatnya setelah BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat," ujar Jokowi.

Selain ihwal keamanan, Jokowi juga menjanjikan kehalalan vaksin Covid-19. Terkait hal ini, kata dia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah melakukan pengujian.

Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia sudah memiliki tiga juta dosis vaksin yang siap pakai. Vaksin tersebut sudah terdistribusi ke daerah-daerah. Untuk tahap pertama, vaksinasi akan dilakukan terhadap 1,6 juta tenaga medis yang tersebar di 34 provinsi di Tanah Air.

Setelahnya, vaksinasi dilanjutkan terhadap TNI, Polri, guru, hingga masyarakat umum. Presiden menyebutkan, ada 182 juta atau 70% penduduk Indonesia yang akan divaksin Covid-19. Dengan jumlah ini, dibutuhkan sekitar 426 juta dosis vaksin.

"Insya Allah ini sudah cukup untuk mencapai yang namanya herd immunity atau kekebalan komunal," ujarnya. Meski vaksinasi segera digelar dalam waktu dekat, Jokowi meminta seluruh masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Penulis: Akmal

Baca Juga