Melalui Aplikasi Ini, Anda Bisa Cek Ketersediaan Tempat Tidur di Rumah Sakit

Beritakota.id, Jakarta - Satu keluhan yang sering muncul di tengah pandemi Covid-19 adalah terbatasnya informasi tentang ketersediaan tempat tidur di rumah sakit termasuk untuk pasien yang terpapar virus Corona. Untuk tahu tentang ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, kalian bisa mendapatkan informasi lewat aplikasi SIRANAP atau mengakses situs yang dibangun Kementerian Kesehatan.

“#Healthies, bagi kamu yang membutuhkan informasi seputar ketersediaan tempat tidur termasuk untuk pasien COVID-19.  @KemenkesRI  menyediakan aplikasi SIRANAP yang dapat kamu unduh di Playstore atau di akses melalui website : http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap-yankes

“Informasi yang ada di SIRANAP disajikan secara realtime dan diupdate secara langsung oleh rumah sakit.  Hadirnya aplikasi ini diharapkan kian mempermudah akses informasi seputar ketersediaan tempat tidur di RS.” Demikian informasi yang dilansir akun Twitter resmi Kementerian Kesehatan, @KemenkesRI, Selasa 26 Januari 2021.

Saat ini, seperti dilansir laman resmi penanganan Covid-19 nasional, www.covid19.go.id, estimasi kebutuhan tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19 naik sekitar 30 persen mengikuti estimasi kenaikan jumlah kasus aktif pasca libur panjang akhir tahun dan tahu baru yang lalu.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memerintahkan rumah sakit untuk menambah ruangan dan alokasi tempat tidur khusus pasien Covid-19 dari sebelumnya 10 persen, kini menjadi 30 persen.

Selain itu, Kemenkes juga melakukan relaksasi aturan yang akan mengizinkan tenaga Kesehatan (nakes) tanpa Surat Tanda Registrasi (STR) untuk boleh langsung kerja dalam kondisi darurat. Hal ini berpotensi memberi tambahan sekitar 10 ribu perawat dan 3 ribu—4 ribu dokter.

Penulis: Ahmad Fadli

Baca Juga