@abangminyak.jelantah Solusi Mengatasi Limbah Minyak Goreng Bekas

Beritakota.id, Jakarta - Minyak goreng menjadi bahan masakan yang tak bisa dilewatkan dari kehidupan sehari-hari.  Saat menggunakan minyak goreng, tidak jarang kita akan menggunakan minyak secara berulang kali. Sayang rasanya jika harus membuang minyak sisa yang masih terlihat bening dan bersih. Namun, usahakan agar tidak menggunakan minyak goreng berulang kali lebih dari 3 kali.

Penggunaan Minyak Goreng Berulang Kali Dapat  Membahayakan Kesehatan

Karsinogen sendiri merupakan zat yang dapat merusak sel-sel normal sehingga berubah menjadi sel kanker. Selain itu, jika digunakan dan dipanaskan berulang kali, kandungan nutrisi yang terkandung dalam minyak goreng juga akan terus menerus hilang.

Gugus asam lemak (minyak) menyerupai kalung mutiara dengan ikatan antar-gugus yang bisa diputuskan oleh panas.Artinya, semakin sering dilakukan pemanasan berulang, gugus kimia yang awalnya panjang tersebut bisa menjadi rusak dan sifatnya bisa berubah. Yang tadinya anti-inflamasi bisa jadi inflamator. Titik asap juga semakin rendah sehingga ketika dipanaskan lagi keluar asap, ada efek pembentukan karsinogen

Dampak Jelantah  Terhadap Lingkungan

Minyak jelantah sebaiknya tidak dibuang sembarangan ke saluran air karena dapat menyumbat saluran air dan tentunya mencemari lingkungan baik air dan tanah. Jelantah yang dibuang ke parit dapat terserap dan menggumpalkan tanah, sehingga dapat mencemari tanah. Ketika tanah sudah tercemar oleh jelantah pori -pori tanah akan tertutup dan tanah akan menjadi keras sehingga tidak mampu lagi mendukung aktivitas manusia.

Tindakan membuang minyak jelantah ke saluran air dapat membuat kualitas air di saluran air atau sungai menjadi kotor. Selain itu, akibatnya yakni angka BOD dan COD mengalami peningkatan. Artinya, jumlah oksigen  terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme mengurai bahan organik menjadi semakin banyak, sementara kualitas air menurun.

Biological Oxygen Demand(BOD) adalah jumlah oksigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme untuk mengurai bahan organik di dalam air. Sementara, Chemical Oxygen Demand (COD) merupakan jumlah kebutuhan senyawa kimia terhadap oksigen untuk mengurai bahan organik.

 Solusi Untuk Warga  JABODETABEK

Melalui Platform media sosial berbasis instagram dengan laman @abangminyak.jelantah yang baru saja dipublikasikan Januari 2021 lalu.

Muhammad Handoko,  selaku inisiator  @abangminyak.jelantah mengatakan, “ Tujuan dari laman @abangminyak.jelantah adalah mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dari dampak minyak jelantah yang dibuang sembarangan dan memberikan pula nilai ekonomi didalamnya, . Melalui laman instagramnya @abang minyak.Jelantah mengajak masyarakat untuk tidak membuang limbah jelantah bekas memasaknya sembarangan lagi.

Masyarakat Jabodetabek sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena dapat mengatasi limbah jelantahnya tanpa harus membuang sembarangan lagi. Kini melalui @abangminyak.jelantah masyarakat yang berada di wilayah Jabodetabek bisa menukarkan limbah jelantahnya menjadi rupiah ataupun emas. Melalui program programnya diharapkan permasalahan limbah jelantah rumah tangga dapat teratasi dengan baik. Selain menjaga lingkungan kita dari pencemaran lingkungan juga terdapat nilai ekonomi didalamnya.

Lebih lanjut Handoko menjelaskan, Untuk saat ini karna kami masih baru , kami hanya bekerja sama kepada para importir minyak jelantah untuk pembuatan biodiesel. Kami mencarikan harga terbaik dengan tujuan nilai ekonominya pun dapat terasa dimasyarakat . Kami juga bekerja sama dengan para distributor resmi emas mini/ minigold dalam program nabung jelantah ini. Harapan kedepannya seiring berkembangnya @abangminyak.jelantah, semoga mendapat dukungan langsung dari pemerintah. Agar nantinya semua program- program kami dapat dirasakan tidak hanya pada masyarakat Jabodetabek melainkan juga semua masyarakat indonesia. Sehingga tujuan awal kami dalam mengatasi limbah jelantah rumah tangga dan memberikan nilai ekonomi didalamnya dapat tercapai hingga ke seluruh pelosok  di Indonesia

Untuk mengetahui info lebih lengkapnya  bisa buka instagram @abangminyak.jelantah. atau dapat menghubungi whatsapp abang minyak jelantah di nomor 0812-1122-2534.

Mendukung EnergyTerbarukan Biodiesel

Jelantah yang tersalurkan melalui @abang minyak.jelantah nantinya akan diperuntukan untuk pembuatan biodiesel. Dengan menggandeng perusahaan eksportir jelantah. Harapan kedepannya dari @abangminyak.jelantah sendiri semoga kedepannya Indonesia dapat mengolah biodieselnya sendiri dengan melihat potensi jelantah di indonesia dalam skala nasional bahkan internasional. Sehingga lingkungan pun terhindar dari pencemaran limbah jelantah dan tidak perlu untuk mengekspornya lagi.

Mulai sekarang, yuk kita peduli lingkungan dan jangan buang jelantahmu sembarangan lagi ya, mari kita bersama menjaga lingkungan kita

Penulis: Dita Hastuti

Baca Juga