Resmi Dibuka, Berikut Cara Daftar SNMPTN Online 2021

  • Bagikan

Beritakota.id, Jakarta –  Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 resmi dibuka hari ini, Senin (15/22021).

Ada sejumlah syarat dan cara daftar SMPTN yang mesti diketahui calon mahasiswa. Setiap siswa kelas 12 SLTA yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Akan tetapi, tidak semua siswa kelas 12 bisa ikut mendaftar SNMPTN.

Sebab ketentuannya khusus untuk siswa eligible (siswa yang berhak). Apalagi, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memang telah mengumumkan kuota siswa yang berhak untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2021.

Kuota itu berasal dari data yang diambil dari Pusdatin Kemendikbud per tanggal 23 Desember 2020. Informasi mengenai kuota tersebut juga dapat dilihat melalui laman LTMPT. Di laman LTMPT sudah dijelaskan prosedur pendaftaran secara lengkap. Dengan begitu, calon peserta tidak perlu bingung terkait tahapan SNMPTN.

Syarat Siswa yang Bisa Daftar SNMPTN 2021:

Siswa yang memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan secara permanen paling lambat 23 Februari 2021, pukul 15.00 WIB Siswa yang eligible menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh sekolah

Berikut Cara Daftar SNMPTN 2021

  1. Login di portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT.
  2. Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah teregistrasi sebelumnya.
  3. Isi data orang tua di halaman profil.
  4. Isi pilihan prodi di halaman pilihan.
  5. Jika memilih prodi dengan syarat dokumen portofolio, siswa wajib mengisinya.
  6. Isi prestasi pada halaman Prestasi sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan.
  7. Selesaikan pengisian dengan baik sebelum menuju halaman Finalisasi.

Sebab setelah finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apapun.

Link Daftar SNMPTN 2021 Siswa yang ingin daftar SNMPTN 2021 terlebih dahulu harus masuk atau login ke snmptn.ltmpt.ac.id atau https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Sementara itu, hasil kelulusan akan diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021 lewat halaman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *