Usai Ramai Raffi Ahmad dan Agnes Mo, Kini Muncul Nama Baim Wong dalam Pilgub DKI

Beritakota.id, Jakarta -  Lembaga survei Median merilis hasil survei untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta. Hasilnya, ada tiga nama yang tidak asing menduduki peringkat teratas. Direktur Median, Ade Irfan Abdurrahman mengatakan Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan menempati peringkat teratas dengan perolehan suara 40,5 persen.

Nama Anies paling banyak dipilih oleh responden survei jika ditanya siapa Gubernur yang dipilih tanpa ada nama yang diajukan. "Anies Baswedan mendapatkan suara 40,5 persen," ujar Ade dalam konferensi pers virtual, Senin (15/2/2021).

Sementara itu di posisi kedua ada Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan mendapatkan dukungan sebanyak 16,5 persen.

Sedangkan Komisaris Utama PT Pertamina sekaligus mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di menempati urutan ketiga dengan 8,5 persen suara.

"Risma ada di posisi kedua dengan metode tanpa mengajukan nama," jelasnya. Lalu di posisi ke empat ada nama mantan Wakil Gubernur pendamping Anies dulu, Sandiaga Uno dengan perolehan suara 3 persen. Nama lainnya, seperti Wagub sekarang, Ahmad Riza Patria, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, hingga Baim Wong mendapatkan perolehan suara 0,5 persen. "Responden yang tak memberikan jawaban atau indecided berjumlah 28 persen," ucapnya

Namun jika dilakukan dengan metode berbeda, yakni mengajukan 16 nama, Anies dan Risma masih menduduki peringkat teratas. Anies memperoleh suara 42,5 persen dan Risma 23,5 persen. Sedangkan Ahok merosot ke peringkat enam dengan 2 persen suara.

Peringkat ketiga justru diduduki Sandiaga dengan 5,5 persen suara dan diikuti Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang mendapat angka 3,5 persen. Ade menjelaskan survei dilakukan dengan melibatkan 400 responden yang memiliki hak suara dalam Pilkada.

Lalu margin of error berada di angka kurang lebih 47,9 persen. "Tingkat kepercayaan 95 persen," pungkasnya

Penulis: Akmal

Baca Juga