Begini Alur Dapatkan Vaksin Covid-19 untuk Lansia

Vaksinasi Covid-19 Tahap II dengan prioritas sasaran lansia berusia 60 tahun ke atas/dok: Instagram

Beritakota.id, Jakarta - Warga lanjut usia (Lansia) di atas 60 tahun yang mempunyai KTP DKI Jakarta saat ini tengah divaksinasi Covid-19.

Sebelum vaksinasi, lansia akan mendapatkan pesan notifikasi dan penjadwalan terlebih dahulu. Akun resmi Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta mengunggah sejumlah foto vaksinasi Covid-19 terhadap lansia.

"Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 dengan prioritas sasaran warga lanjut usia (lansia), berusia 60 tahun ke atas, dan ber-KTP DKI Jakarta, tengah berlangsung," tulis akun @dkijakarta yang dikutip, Selasa (2/3/2021).

Lansia menjadi prioritas karena 10,7% kasus terkonfimrasi positif Covid 19 berasal dari lansia dan 48,3% dari kasus pasien meninggal Covid-19 adalah kelompok lansia.

Lansia merupakan kelompok rentan, karena kekebalan tubuhnya pun sering menurun seiring bertambahnya usia dan ketika terjadi infeksi Covid-19, akan semakin parah dengan adanya penyakit penyerta atau komorbid.

"Formulir pendaftaran dapat diisi melalui dki.kemenkes.go.id. Setelah itu tunggu pesan notifikasi dari Puskesmas/RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi, sebelum berkunjung ke Fasilitas Kesehatan untuk menghindari kerumunan," jelas tulisan itu

Penulis: Fadli

Baca Juga